News

Masyarakat Takalar Blokade Jalan Urip Sumohardjo

Masyarakat Takalar Blokade Jalan Urip Sumohardjo

Kabar Makassar-- Ratusan warga dari Aliansi Masyarakat Tolak Tambang Pasir Laut Galesong Sanrobone Kabupaten Takalar memblokade jalan Urip Sumohardjo Makassar tepatnya didepan kantor Gubernur Sulsel. Kamis, 6 Juli 2017.

Blokade ini dilakukan dalam menyampaikan aspirasinya terkait adanya penambangan pasir laut oleh pemenang tender proyek Center Point of Indonesia (CPI) di Kabupaten Takalar.

Dalam tuntutan yang disampaikan oleh koordinator lapangan, Abdul Rahman Dg. Kulle, mengatakan penambangan pasir itu dilakukan karena adanya ijin dari Pemeritah Provinsi Sulsel sebagai pihak yang berwenang.

"Penambangan dilakukan karena adanya ijin dari pemerintah provinsi, maka dari itu kami menganggap pemerintah provinsi tidak pro terhadap masyarakat Galesong," katanya.

Bahkan menjadi ironi karena proyek penambangan pasir yang dilakukan oleh pihak swasta ini tidak memberikan keuntungan apapun bagi masyarakat Sulsel.

Selain itu, aktifitas penambangan pasir laut ini dapat menimbulkan dampak buruk terhadap kondisi alam wilayah Galesong Sanrobone yang merupakan tempat pemukiman ratusan ribu warga yang dominan menggantungkan hidupnya sebagai nelayan.

Berbagai dampak buruk dari penambangan pasir lainnya yaitu abrasi wilayah pesisir pantai, berkurangnya tingkat pendapatan dan penghasilan nelayan serta berbagai kondisi yang sangat merugikan seperti rusaknya terumbu karang, tenggelamnya pulau-pulau kecil disekitar penambangan lalu terjadinya perubahan tipologi dasar laut.

Setelah melakukan aksi di depan kantor Gubernur Sulsel, ratusan pengunjuk rasa ini melanjutkan aksi di Kantor DPRD Provinsi Sulsel, jalan Urip Sumohardjo Makassar.

Foto: Wulandari

Arini Wulandari

Journalist

Aktifis mahasiswi ini mulai aktif menulis sejak 2014 lalu. Kemampuan komunikasi personalnya di ekspresikan dalam bentuk karya jurnalistik.

Redaksi

Related Articles

Leave a Reply

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close