Lifestyle

Masjid Babussalam Pintu Keselamatan di MaRI

Masjid Babussalam Pintu Keselamatan di MaRI

Kabar Makassar -- Bulan ramadhan adalah bulan penuh berkah dan kesempatan untuk berbagi bagi sesama dan mereka yang membutuhkan. Management Mal Ratu Indah (MaRI) mengadakan buka puasa bersama bersama anak yatim piatu, seluruh tenant, Media-media dan Komunitas-komunitas di Makassar pada hari ini, Kamis 15 Juni 2017.

Rutin diadakan setiap tahunnya sejak MaRI didirikan, ajang ini menjadi wadah untuk menjalin silaturrahmi antar jajaran staff dan para undangan yang telah memberi kontribusi dalam perkembangan MaRI. Penyelenggaraan acara ini didukung oleh pengurus masjid Babussalam.

Masjid Babussalam adalah satu-satunya mesjid yang berada di dalam Mal. Setiap mesjid mempunyai kisah yang menarik untuk diceritakan. Masjid yang tadinya hanyalah sebuah mushallah kecil yang mampu menampung beberapa orang saja seiring perkembangan MaRI kini diubah menjadi tempat yang sanggup menampung banyak orang dengan keindahan dan kenyamanannya.

"Awal pendirian dan pemberian nama Babussalam sendiri adalah hasil musyawarah bersama para pengurus dan manajemen MaRI. Babussalam berarti pintu keselamatan," ujar Muhammad Munafri, Imam Rawatib di Mesjid Babussalam. Dalam namanya tersebut ada pengharapan siapapun yang memasuki dan beribadah akan mendapat keselamatan.

Menjadi Imam di mesjid tersebut sejak tahun 2012, pria 37 tahun tersebut juga menjelaskan desain mesjid Babussalam terinspirasi dari mesjid-mesjid yang berada di Arab dan Timur tengah namun dipadukan dalam konsep minimalis.

Kenyamanan dan kebersihan mesjid menjadi priotitas. Kebersihan mesjid sangat terjaga, tidak heran mesjid ini dianugerahi sebagai salah satu mesjid terbaik versi Ikatan Mesjid Musala Indonesia Muthahidah (IMMIM) Makassar di tahun 2013.

Peningkatan jamaah yang mengunjungi mesjid baubssalam pada bulan Ramadhan diperkirakan berjumlah 1000 orang perhari dan meningkat hingga tiga kali lipat di bulan Ramadhan. Tidak hanya untuk kebutuhan sholat lima waktu, mesjid ini juga berfungsi untuk sholat sunnah pada bulan Ramadhan seperti Tarwih dan witir. Hal ini sangat memudahkan bagi para pengunjung yang ingin berbelanja tapi tetap tidak ingin kehilangan kesempatan dalam kewajiban dalam beribadah.

Fasilitas yang disediakan pun sangat memadai dalam kenyamanan beribadah, seperti tempat berwudhu, peralatan sholat yaitu mukena, sarung dan peralatan sholat lainnya tersedia lengkap di dalam Masjid Babussalam. Dan bagi mereka yang ingin melakukan tadarrus disediakan Al-Quran.

“Kenyamanan pengunjung MaRI dalam beribadah di Mesjid ini menjadi salah satu kebanggaan kami. Terbukti dengan seringnya mereka membagikan moment di sosial media saat berkesempatan beribadah di mesjid kami” Tutup Munafri.

Penulis: Rahmat Latang Reppa
Editor: Fritz Wongkar

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close