Masalah Sosial Makassar, Dinsos Libatkan NGO

SONY DSC

Kabar Makassar-– Kepala Dinas Sosial Kota Makassar, Mukhtar Tahir mengungkapkan penanganan anak jalanan ini memerlukan keterlibatan pemerintah maupun masyarakat. Oleh karena itu, persoalan anak jalanan tidak akan selesai dengan mengadakan patroli saja.

“Kalau sudah patroli anak itu mau di bawa kemana lagi, apa yang mereka lakukan. Setelah itu, bagaimana outputnya. Itu semua harus kita pikirkan,” katanya. Selasa, 31 Oktober 2017.

Baca juga :   70% Pengguna Narkoba Berada Dilingkungan Kerja

Untuk itu, pihaknya banyak melakukan kerjasama dengan beberapa organisasi seperti NGO (Non-Govermental Organitation) atau organisasi non pemerintah.

Seperti beberapa anak jalanan yang ditemukan ada yang terindikasi menggunakan lem dan obat terlarang lainnya. Menurut Utta, perlu dilakukan pembinaan lebih lanjut agar hal tersebut tidak terulang kembali.

“Seperti ada indikasi lem, narkoba otomatis kita harus jangkau. Tidak bisa lagi dibiarkan kembali, kita harus cari jalan keluar. Walaupun APBD tidak mendukung, kedepan ini harus jadi hal yang utama untuk menciptakan generasi kedepan. Harus dijangkau, dibina, diberdayakan agar menghasilkan anak-anak yang cerdas,” pungkasnya.