Masa Jabatan Pj Walikota Makassar Berakhir Besok, Siapa Penggantinya?

Pj Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb. (IST)

KabarMakassar.com — Masa jabatan Iqbal Suhaeb sebagai Penjabat (Pj) Walikota Makassar yang dilantik pada 13 Mei 2019 lalu, akan berakhir Rabu (13/5) besok.

Dikonfirmasi terkait hal tersebut, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Sulawesi Selatan, Hasan Basri Ambarala mengatakan, akan ada penjabat baru yang ditunjuk oleh gubernur untuk menggantikan posisi Iqbal.

Penjabat yang akan menggantikan posisi Iqbal itu, kata dia, akan ditentukan oleh Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) berdasarkan usulan nama-nama yang telah dikirimkan oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah.

Jika sampai besok SK Mendagri tentang penunjukan Pj Walikota Makassar pengganti Iqbal belum juga keluar, maka menurut Ambarala, gubernur akan menunjuk pelaksana harian (Plh) untuk sementara mengisi kekosongan pucuk pimpinan di lingkup Pemerintah Kota Makassar.

“Pj Walikota berakhir SK-nya besok, jadi kalau SK dari Mendagri belum turun sampai besok, gubernur akan menunjuk Plh,” kata Ambarala, Selasa (12/5) siang.

Ditanya terkait siapa saja nama calon yang telah diusulkan oleh gubernur untuk mengisi posisi tersebut, Ambarala enggan menyebutkan.

“Kita tunggu saja siapa yang direstui Mendagri,” ujarnya.

Perihal siapa pejabat yang akan mengisi posisi Plh jika SK Mendagri belum keluar sampai 13 Mei besok, Ambarala mengatakan, hal itu sepenuhnya kewenangan dari Gubernur Sulawesi Selatan.

“Yang jelas pejabat tinggi pratama eselon II. Nanti kita lihat, itu kewenangan gubernur,” terangnya.

Sebelumnya, Iqbal Suhaeb sendiri enggan berkomentar banyak soal masa jabatannya sebagai Pj Walikota Makassar yang akan segera berakhir.

“Saya ikut apa keputusan gubernur,” jawabnya singkat.

Sekadar diketahui, berdasarkan kabar yang beredar, 3 nama yang dikirimkan Gubernur Sulsel ke Kemendagri untuk dipilih salah satunya sebagai pengganti Iqbal Suhaeb yakni: Prof Yusran Yusuf (Kepala Bappelitbangda Provinsi Sulsel); Prof Rudy Djamaluddin (Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulsel); dan Denny Irawan (Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulsel).

Dari tiga nama tersebut, Prof Rudy Djamaluddin disebut-sebut sebagai kandidat terkuat menggantikan Iqbal Suhaeb sebagai Pj Walikota Makassar.

Reporter :

Editor :

Herlin

Firdaus

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI