Maret, Disnaker Makassar Anggarkan Rp 300 Juta Lorong Bebas Pengangguran

Dinas Tenaga Kerja Kota Makassar. [Sumber: Int.]

Kabar Makassar— Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Makassar menganggarkan sekitar kurang lebih Rp 300 Juta untuk program pengentasan pengangguran di lorong-lorong yang akan berlaku pada Maret ini.

“Kita akan membuat beberapa program pelatihan yang dimulai dari lorong-lorong hingga semuanya bisa diakomodir menjadi angkatan kerja,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja Makassar, Andi Irwan Bangsawan. Jumat, 3 Maret 2017.

Baca juga :   Konjen Australia Senang Ikut F8, Sebut Bisa Memperkuat Hubungan Bilateral

Sebanyak 150 peserta dari warga setempat melakukan pelatihan yang dilakukan di Kelurahan Bangkala, Kecamatan Manggala atau di bagian ujung timur wilayah Kota Makassar.

Pelatihan tersebut akan dilakukan langsung oleh instruktur ahli di bidang masing-masing dan telah mendapat sertifikasi dari Dinas Tenaga Kerja. Seratus instruktur di antaranya itu berasal dari Balai Latihan Kerja (BLK) Makassar.

Baca juga :   Walikota Makassar mengukuhkan Pengurus Dewan TLSP kota Makassar

“Banyak kita punya instruktur dan semuanya itu tersertifikasi. Instruktur ini akan memberikan pelatihan kepada warga yang memang mencari pekerjaan,” katanya.

Irwan mengaku, model pendampingan dan pelatihan yang diberikan kepada warga ini akan dilakukan dengan berkelanjutan hingga pada akhirnya para warga yang telah dilatih ini mampu mandiri hingga terserap pada tempat-tempat kerja.

“Pelatihan yang kita lakukan ini berkelanjutan, maksudnya tidak akan berhenti di situ saja di pelatihannya, tetapi akan didampingi hingga mereka bisa mandiri atau terserap menjadi tenaga kerja,” jelasnya.(*)