News

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

Kabar Makassar--- Salah satu kekayaan Indonesia yang paling diminati di setiap negara adalah kayu manis. Jenis tanaman ini banyak di ekspor sampai ke mancanegara untuk digunakan sebagai bahan industri rokok, kosmetik, bahkan obat-obatan.

Di Indonesia, kayu manis atau Cinnamomum jenis burmannii lebih dikenal dengan nama casia vera, kaneel cassia atau Padang kaneel. Tanaman ini tumbuh dengan baik pada ketinggian 600 hingga 1.500 meter di atas permukaan laut yang banyak tumbuh di Sumatera Barat dan Jambi (Kerinci).

Dikutip dari kayu-manis.com, tanaman yang satu ini memiliki banyak khasiat baik untuk kesehatan, di antaranya.

Anti Infeksi
Kandungan anti infeksi natural alami yang ada di dalam kayu manis dipercaya membantu dan menghilangkan jenis bakteri H. Pylori penyebab penyakit maag. Selain itu, berbagai jenis penyakit lain juga dapat diatasi yang diakibatkan bakteri.

Membantu meningkatkan fungsi Otak
Mencium aroma kayu manis dapat membantu meningkatkan aktivitas yang terjadi di dalam otak. Bau kayu manis juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi, daya ingat lebih tinggi dan mampu meningkatkan kecepatan bekerja di bidang program.

Menurunkan Kolestrol
Kayu manis mengandung kalsium, serat dan mineral dapat memberikan khasiat untuk kesehatan pencernaan, usus, dan dapat membantu melindungi tubuh dari resiko penyakit jantung, bahkan mampu menurunkan kolestrol dalam darah.

Kandungan kalsium dan serat yang ada di dalam kayu manis juga dapat membantu menghilangkan zat garam yang ada di dalam tubuh dan membantu mencegah terjadinya penyakit kanker usus.

Menghangatkan Tubuh
Pengobatan tradisional Cina, kayu manis biasanya digunakan untuk mengobati penyakit flu. Ini dikarenakan kayu manis mengandung zat yang membantu membuat tubuh menjadi lebih hangat dan menjadi lebih nyaman.

Mencegah Penyakit Kanker
Salah satu penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu mengurangi terjadinya proses proliferasi sel kanker. Kayu manis sering digunakan sebagai obat alami dalam mengobati penyakit kanker secara alami.

Mengontrol Gula Darah
Kandungan antioksidan dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Kayu manis dapat membantu melancarkan proses pencernaan sesudah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada penderita penyakit diabetes tipe 2.1 gram kayu manis diketahui dapat menurunkan gula darah, trigliserida, kolestrol buruk dan jumlah kolestrol total pada penderita penyakit diabetes.

Penulis: Marwah
Editor: Dim

Redaksi

Related Articles

Leave a Reply

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close