News

BPPD Sulsel Tertarik Kembangkan Pulau Cambang-cambang

BPPD Sulsel Tertarik Kembangkan Pulau Cambang-cambang

Kabar Makassar --- Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulsel menawarkan Pulau Camba-cambang Kabupaten Pangkep menjadi destinasi prioritas Makassar and Beyond 2017 yang menjadi program utama Badan Promosi Pariwisata Makassar (BP2M).

Hal ini disampaikan Kepala BPPD Sulsel Januar Jawry Darwis dalam forum diskusi online Makassar Tourism Info bersama sejumlah tokoh dan stakeholder kepariwisataan lainnya. Penggiat wisata bahari ini menjelaskan BPPD Sulsel saat ini tengah melakukan koordinasi dan analisis potensi destinasi antar Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan.

"Secara umum wisatawan yang melakukan perjalanan jauh, cenderung memilih multi destinasi sehingga hal ini menuntut alternative paket yang dikemas dari berbagai pendekatan biaya, anggaran, waktu dan variasi," ucapnya.

Hasil survei dari kunjungan itu, laknjutnya dapat disimpulkan jika objek wisata Pulau Camba-Cambang berada pada segmen lokal, regional, dan nusantara. Fasilitas yang berada di objek ini didominasi wahana permainan dan segala aktivitas di pinggir pantai. "Keunggulan lainnya karena di tunjang sarana prasarana yang menghubungkan semua sisi pulau untuk sekedar melihat dan menikmati udara segar serta pemandangan pegunungan, perairan dan jejeran pulau," paparnya.

BPPD Sulsel menilai keberadaan resort di atas laut dan fasilitas ruang pertemuan menjadi sarana dan prasarana menarik untuk pengembangan wisata segmen MICE (Meeting, Incentive, Convenstion dan Events) di Sulawesi Selatan atau Makassar and Beyond.

Namun, BPPD Sulsel melihat sarana transportasi laut yang luas butuh jaminan keamanan dan kenyamanan. "Akses dermaga yang masih bergabung dengan kompleks pelabuhan masih menjadi kendala. Membatasi area parkir kendaraan darat," ujarnya

Secara umum, kata dia akses menuju objek ini bisa ditempuh melalui jalur darat dari Makassar dengan waktu 2 jam 30 menit sehingga destinasi ini bisa menjadi penguatan program unggulan BP2M Makassar and Beyond. "Keberadaan objek ini diharapkan bisa berdampak pada aktivitas jasa di daerah sekitar Kabupaten Maros dan Kota Makassar. Kedua daerah ini berpeluang untuk membuka jalur laut ke Pulau Camba-Cambang melalui jalur laut," ujarnya

Menurutnya, wisatawan nantinya akan memperoleh berbagai alternatif ke Pulau Camba-Cambang. Jarak tempuh dari Makassar ke lokasi objek dengan speed boat hanya 1 jam 30 menit. "Dari Maros hanya sejam dan akhirnya semua daerah di sekitar destinasi saling berinteraksi dan memperoleh manfaat," paparnya.

Menanggapi hal itu, Ketua PHRI Sulsel Anggiat Sinaga, Pengurus BP2M Iin Madjid, GM Aston Hotel Makassar dan sejumlah stakeholder lainnya mendukung tawaran yang tengah dikembangkan BPPD Sulawesi Selatan.

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close
%d bloggers like this: