News

Makanan Unik dan Aneh ini Asli Punya Indonesia

Makanan Unik dan Aneh ini Asli Punya Indonesia

Kabar Makassar-- Indonesia dikenal sebagai negara dengan kepulauan terbesar di dunia, dimana lebih dari 1000 etnis tersebar di berbagai pulau pulau.

Selain itu, Indonesia juga adalah salah satu negara dengan kebudayaan yang paling beragam di dunia. Karena dipisahkan oleh lautan, interaksi masyarakat di masa lalu terbatas. Namun, hal tersebut membuat banyak budaya unik yang tidak ditemuklan ditempat lain.

Tidak terkecuali dengan budaya kulinernya. Negeri dengan kuliner paling beragam, unik dan aneh ini menawarkan berbagai masakan yang mengungah selera makan Anda.

Berikut beberapa makanan Indonesia yang enak, unik dan aneh:

1. Kawok, panganan dari Manado, Sulawesi Tengah. Anda pasti akan terkejut dengan bahan dara yang digunakan untuk membuat Kawok ini.

Bahan dasar yang digunakan adalah tikus, tapi jangan salah paham karena tikus yang dimasak ini bukanlah tikus tikus got atau dapur seperti yang Anda bayangkan.

Tikus yang digunakan adalah tikus hutan. Yang memiliki ciri fisik berbeda dengan tikus biasa. Warna bulunya lebih cerah dan bagian ujung ekornya berwarna putih.

Tikus hutan tentunya lebih aman untuk di konsumsi karena mereka hanya memakan tumbuh tumbuhan.

Di Manado, Kawok biasanya dipanggang atau dibuat makanan pedas, seperti rica rica. Tektur daging tikus ini juga leboh mirip dengan daging kalkun.

2. Papeda atau bubur sagu dari Maluku dan Papua. Papeda dibuat dari tepung sagu yang banyak terdapat di pedalaman Papua.

Makanan satu ini hampir terdapat disemua daerah di Maluku dan Papua. Tepung sagu yang telah diolah sari patinya dan disimpan di dalam alat yang disebut Tumang.

Cara pembuatan papeda ini sangat sederhana, cukup dengan menyiram tepung sagu dengan air panas lalu diaduk hingga bening.

Papeda biasanya disantap dengan kuah kuning yang terbuat dari masakan ikan tongkol atau ikan mubara dan di bumbuhi kunyit dang jeruk nipis.

3. Tempoyakl dari daerah Palembang, Lampung, Bengkulu, Jambi.

Tempoyak adalah panganan yang terbuat dari buah durian yang telah difermentasi, Tempoyak biasanya diajadikan sebagai pengganti lauk pendamping nasi.

Tepoyak juga dapat dimakan langsung, namun hal ini jarang dilakukan karena banyak yang tidak tahan dengan keasaman dan aroma dari tempoyak.

Cita rasa dari Tompoyak adalah asam yang dihasilkan karena fermentasi pada daging buah durian yang menjadi bahan baku. Selain itu dibeberapa daerah ada yang menggunakan Tempoyak sebagai bumbu masakan.

4. Gulai Siput/Gulai Cipuik yan beradal dari daerah Riau.

Siput atau keong lebih dikenal sebagai hama pada padi atau pakan ternak bebek, tapi ditangan masyarakat Tanjung Pinang, Riau. Siput diolah menjadi sebuah hidangan yang lezat.

Siput adalah hewan yang bercangkang, siput berbeda dengan keong karena siput memiliki ukuran yang lebih kecil.

Gulai si[ut sendiri dalam bahasa melayu dialek Kuantan Singingi disebut dengan 'Gulai Cipuk'.

5. Batok Tawon dari Jawa

Diberbagai daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur lebah muda atau larva yang masih didalam sarangnya (tolo) dapat dijadikan menu masakan yang nikmat dan menyehatkan.

Namun, saat ini makanan ini sudah mulai langkah karena sulitnya mencari sarang lebah muda.

cara memasak Bato Tawon ini biasanya berbeda beda disetiap daerah, di Jawa Tengah, batok ini dilengkapi dengan daging kelapa yang masih muda (empuk) yang biasa dibuat Batok Teri dan Mlanding (Petai Cina). (Berbagai Sumber)

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close