Makanan Khas Makassar yang Lagi Naik Daun

Makanan Khas Makassar yang Lagi Naik Daun

Makanan Khas Makassar yang Lagi Naik Daun

Kabar Makassar -- Coto Makassar, konro, pallubasa, pisang epe, dan pisang ijo merupakan makanan khas menjadi ikon kuliner Kota Makassar. Namun, ternyata ada makanan khas Makassar lain yang dicari wisatawan saat berkujung ke Makassar dan saat ini menjadi primadona. berikut beberapa makanan khas yang lagi hits di Kota Makassar.

Berikut beberapa makanan khas yang kini digemari masyarakat Makassar dan banyak dicari wisatawan untuk dijadikan buah tangan (ole-ole), di antaranya.

Makassar Baklave
Makanan yang satu ini asalnya dari turki, berbentuk bundar dengan beberapa lapisan menggugah selera. Di Turki, baklave merupakan makanan manis karena berbahan dasar madu. Di Makassar, makanan ini justru dimodivikasi. Dengan berbagai varian rasa seperti; Nutty Fruity, Rich Cheese, Oreo Blast, Royal Chocolate dan Banana Fluffy, Makassar Baklave menjelma menjadi makanan khas dan banyak diminati oleh masyarakat makassar. Makanan ini hanya dapat dijumpai di Makassar tepatnya di Jalan Sultan Hasanuddin No.31, Sawerigading, Ujung Pandang, Kota Makassar.

Otak-otak ikan tenggiri
Olahan seafood satu ini memiliki rasa nikmat dan gurih ini menjadi favorit wisatawan saat berkunjung ke Kota Daeng ini. Ikan tenggiri yang dibalut daun pisang saat dibakar, memberikan aroma yang khas. Otak-otak ikan tenggirilebih nikmat lagi karena disajikan bersama saus kacang dengan rasa pedas yang pas. Kuliner ini dapat ditemukan dikedai Ibu Elly, Jalan Kijang, atau otak-otak Ibu Sanny di Jalan Lasinrang. Harga sepotong otak-otak tenggiri ini berkisar Rp 7.500 hingga Rp 12.500.

Jalangkote
Jalangkote dapat ditemui di emperan Jalan Kota Makassar, jajanan satu ini memberikan rasa gurih bersama sambal menjadi penambah citarasa. Jalan Lasinrang merupakan salah satu lokasi toko yang menjajakan jalangkote ini. Disana anda dapat menikmatinya dan juga bisa dibawa sebagai oleh-oleh buat keluarga.

Baruasa
Baruasa merupakan makanan ringan tradisional Makassar yang terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut kering dan telur ini merupakan oleh-oleh murah meriah dapat ditemukan di setiap sudut Kota Makassar. Selain itu, jajanan ini juga cukup terjangkau, jadi ketika ingin membeli oleh-oleh dengan harga murah baruasa bisa menjadi salah satu alternatif.

Kopi Toraja
Tidak hanya makanan, ole-ole khas Makassar yang cukup terkena yaitu Kopi Toraja. Tiga jenis Kopi Toraja yang paling direkomendasikan untuk dijadikan ole-ole bagi wisatawan yang berkunjung ke Makassar yaitu arabica, robusta dan campuran dari keduanya.

Penulis: Indrawan

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close