News

LPA Sulsel Serukan Stop Mempekerjakan Anak

LPA Sulsel Serukan Stop Mempekerjakan Anak

Kabar Makassar----- Pihak Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Sulsel terus menyerukan agar anak-anak tidak dipekerjakan dan eksploitasi. Seruan ini dilakukan setelah dari realita yang ada hingga saat ini masih banyak anak-anak Indonesia yang bekerja.

Warida Syafri dari LPA Sulsel mengungkapkan bahwa saat ini pekerja anak sudah menyebar diberbagai sektor. Hanya saja dalam penanganannya belum melibatkan lintas sektoral padahal masalah pekerja anak merupakan masalah serius yang butuh perhatian bersama.

"Kalo dari realita yg kita lihat, fenomenanya masih banyak anak yang bekerja dan penanganan belum lintas sektor," ujarnya Senin, 12 Juni 2017.

Dia mencontohkan banyaknya Pekerja anak di jalanan, di bengkel, disektor nelayan dan termasuk pembantu rumah tangga anak (PRTA). Padahal menurutnya sektor tersebut adalah termasuk pekerjaan terburuk bagi anak-anak sehingga harus dihapuskan.

"Belum ada data pasti tentang data pekerja anak karena sektor yg selama ini menjadi leading tidak memiliki data," ujarnya terkait dengan masalah pekerja anak yang ada saat ini.

Namun khusus PRTA LPA Sulsel yang saat ini mengembangkan program pemantauan berbasis komunitas untuk penghapusan PRTA.

"Dari pemantauan kami menemukan hampir setiap wilayah pemantauan terdapat PRTA dan tentunya pemenuhan akan hak-haknya akan terabaikan" tegasnya.

Penulis: Mad
Editor: Dim

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close