Lontara Talasalapang Sebagai Simbol Sulsel

Syahrul Yasin Limpo melakukan penanaman pohon lontara secara simbolis. [Foto: Imran]

Kabar Makassar — Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo melakukan penanaman pohon lontara secara simbolis di bilangan perintis kemerdekaan Makassar. Rabu 14 Juni 2017.

Rencananya sebanyak 18 pohon lontara akan ditanam di jalan alternatif Perintis Kemerdekaan Tol Ir. Sutami, sembilan disisi kira dan sembilan lainnya ditanam disisi kanan sebagai simbol Talasalapang dari Bugis Makassar, yang ditanam di sepanjang jalan baru tol depan Bumi Tamalanrea Permai.

Baca juga :   8F Ditargetkan 1 Juta Pengunjung

“Pohon lontara itu merupakan pohon terkuat dia bisa tumbuh selama 200 tahun lebih, Akarnya yang menerobos ke bawah sama dengan batangnya yang menjulang tinggi dan kuat,” kata Syahrul YL disela sela penanaman pohon lontara.

Lebih lanjut, Syahrul mengatakan bahwa pohon lontara bibitnya di ambil dari kabupaten Jeneponto ini semua berguna.

Baca juga :   Personel Polres Ini Bantu Warga Kurang Mampu

“Pohon lontara itu mulai dari akar, batang hingga daunnya semuanya dapat digunakan dan siapapun yang mengkonsumsinya akan sehat dan bugar,” ujarnya.

Batang pohon lontara yang besar ini harus ditanam di atas permukaan tanah yang baik dan tumpukan tanah harus berada satu meter di atas akar.

“Jika dulu kita menanam pohon lontara itu pakai bibit sekarang karena kecangihan teknologi batang yang sudah besar dan belum terlalu tua pun bisa ditanam. Jika ditanam itu tanahnya harus diatas satu meter,” imbuhnya.

Baca juga :   Memetik Keuntungan Cabai Melalui BULo

 

Editor: Wulandari