Libur Natal, BMKG Prediksi Cuaca Cerah

KabarMakassar.com— Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV Makassar, A. Fachri Radjab menyampaikan terkait kondisi cuaca di Sulawesi Selatan pada hari Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Menurut dia, beberapa hari terakhir ini kondisi cuaca di beberapa wilayah Sulawesi Selatan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Kondisi tersebut, kata dia, disebabkan oleh adanya daerah pertemuan angin diatas wilayah Sulawesi Selatan dan bertiupnya angin Baratan yang membawa uap air penyebab tumbuhnya awan dan hujan.

Baca juga :   YAPMA dan YAKIN Buka Puasa Bersama Ribuan Anak Yatim

Oleh karena itu, diperkirakan dalam beberapa hari kedepan, intensitas dan distribusi curah hujan di wilayah Sulawesi Selatan cenderung mengalami penurunan.

“Khusus untuk periode libur natal (tanggal 25 – 26 Desember 2017) kondisi cuaca pada umumnya cerah berawan dan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi pada siang dan malam hari di Wilayah Sulawesi Selatan bagian Utara dan Wilayah Pesisir Barat,” kata Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV Makassar, A. Fachri Radjab, Minggu 24 Desember 2017.

Baca juga :   Gubernur SYL Apresiasi Pembentukan AMSI Sulsel

Sementara itu, lanjut dia, kondisi cuaca pada saat malam pergantian tahun diprakirakan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi pada siang dan malam hari dapat terjadi di wilayah Tanatoraja, Toraja utara, Pinrang, Parepare, Barru, Pangkep, Maros, Makassar dan Gowa.

Mencermati kondisi cuaca tersebut, masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati dalam beraktifitas, senantiasa menjaga kebersihan lingkungan disekitarnya, menjaga kesehatan, sedia jas hujan bagi pengendara roda dua, dan waspada jalan licin.

Baca juga :   Corak Toraja Hotel Four Point Dipersoalkan, PHRI Sulsel Bantu Buat Klarifikasi

“Kami himbau kepada masyarakat untuk tetap waspada, kita harus tetap menjaga kemungkinan-kemungkinan yang terjadi,” tutupnya.(*/sng)

Penulis Suharlim Syamsuddin