News

Lestarikan Budaya, Disdag Makassar Bina Pengrajin Industri

Lestarikan Budaya, Disdag Makassar Bina Pengrajin Industri

Kabar Makassar-- Dinas Perdagangan atau Disdag kota Makassar bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah melakukan pembinaan pengrajin home industri kelurahan dalam hal ini pelatihan tenun katun ikat lontara.

Pelatihan diikuti oleh 40 peserta dari masyarakat di tujuh kecamatan se-Kota Makassar.

Rencananya kegiatan akan dilaksanakan selama satu minggu terhitung tanggal 9-15 Oktober 2017 di Hotel Ramedo Jalan Landak Baru.

Wahyuddin Ketua Panitia Kegiatan mengatakan bahwa pelatihan ini diadakan karena kurangnya kesadaran masyarakat jika industri kecil atau rumahan memiliki andil besar dalam memajukan perekonomian negara dan masyarakat kecil.

Hadir sebagai narasumber diantaranya Kembong Daeng yang juga merupakan Dosen UNM.

"Disini saya mengajarkan ibu-ibu bagaimana penulisan lontara yang baik dan benar seperti tebal, tipisnya huruf, pengatur tanda, penempatan huruf lontara dan estetisnya sebuah huruf dalam kain tenun," terang Kembong Daeng.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya memberikan pengetahuan bagi ibu rumah tangga agar lebih produktif dalam menjalankan kesehariannya serta sebagai upaya mengembangkan kerajinan yang diyakini sebagai bentuk pelestarian budaya.

Penulis : Sriwati Ilyas
Foto Kegiatan Pelatihan Pembinaan Pengrajin Home Industri Kelurahan (Tenun Katun Lontara) oleh Sriwati Ilyas

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close