Info Kuliner

Lebaran, Masakan Khas Ini Yang Paling Dicari

Lebaran, Masakan Khas Ini Yang Paling Dicari

Kabar Makassar --- Memasuki bulan Syawal ada momen yang sangat ditunggu-tunggu umat islam. Momen itu adalah merayakan hari raya lebaran, selain kebahagiaan karena menyambut kemenangan setelah sebulan penuh melaksanakan ibadah puasa juga menjadi ajang berkumpul dan silaturahmi dengan keluarga hingga teman lama. Dan yang tak kalah penting adalah menyantap menu makanan yang biasanya hanya ada saat lebaran.

Lebaran selalu identik dengan makanan. Ada beragam jenis makanan yang kita jumpai biasanya dihidangkan ketika menjamu tamu yang 'massiara'.

Massiara dalam bahasa bugis berarti saling mengunjungi kerabat dengan maksud bersilaturahmi.

Layaknya di restoran mewah, pada saat 'massiara' biasanya kita dihidangkan makanan dengan tiga tahapan, yakni ada appetizer atau makanan pembuka, main course atau makanan pembuka dan yang terakhir ada dessert atau makanan penutup.

Nah, makanan apa saja yang menjadi khas masyarakat makassar ketika lebaran:

Makanan Pembuka

Kue barongko merupakan kue yang menjadi tradisi ketika acara pernikahan ataupun acar resmi di Sulawesi Selatan

Untuk appetizer atau makanan pembuka biasanya disediakan kue-kue kering dengan berbagai macam rasa yang sudah tertata rapi diatas meja tamu. Siapa yang tidak mengenal kue nastar atau kue keju/kastengel.

Nastar dengan isi selai nanas tetaplah menjadi kue klasik yang selalu dicari. Tekstur nanas yang sedikit berserat, menjadikan selai nanas begitu spesial untuk isian kue nastar.

Makanan Utama

Makanan Khas Tradisional Makassar " Coto Makassar"a

Sebagai makanan utama atau main course biasanya ada coto makassar dan opor ayam dan burasa' atau ketupat sebagai pelengkap.

Siapa yang tidak mengenal Coto Makassar makanan yang terbuat dari irisan jeroan sapi yang direbus dengan rempah-rempah yang khas dan disajikan dengan ketupat dan 'burasa'.

Burasa' sebagai pelengkap makanan utama selain ketupat adalah makanan khas masyarakat Bugis-Makassar. Bentuknya yang khas mirip lontong tapi diberi tambahan santan yang dibentuk pipih dan diikat berpasangan atau ganjil.

Makanan Penutup

Makanan yang menjadi favorit ketika lebaran Idul Fitri

Nah, untuk dessert atau penutup tuan rumah biasanya menyediakan kue basah semisal 'barongko' atau tape yang kadang ditambahkan dengan es krim.

Barongko yang terbuat dari pisang yang dihaluskan dibungkus daun pisang dan dikukus. Rasanya yang manis dan lembut ketika digigit merupakan makanan penutup yang pas setelah menyantap makanan utama yang berlemak.

Demikian beberapa sajian lebaran khas bugis Makassar. Beberapa mungkin sering dijumpai di hari-hari biasa, namun rasanya pasti berbeda jika dinikmati saat lebaran.(*)

Penyadur : Andi Putri

Sumber Foto:

  1. coto makassar : resepanekamasakantradisional.blogspot
  2. nastar: herlinawidiartanti.blogspot
  3. kue barongko: selerasa.com

Andi Putri Permatasari

Copy Editor

Kemampuan broadcastingnya dalam mengolah frame di ekspresikan dalam bentuk tulisan. Hobbynya meramu sebuah informasi menjadi berita yang layak bagi publik.

Redaksi

Related Articles

Leave a Reply

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close