Lakukan Hal ini Untuk Hindari Kecanduan Medsos

Lakukan Hal ini Untuk Hindari Kecanduan Medsos

Lakukan Hal ini Untuk Hindari Kecanduan Medsos

KabarMakassar.com-- Pola pikir dan tingkah laku sering berubah akibat pengaruh dari media sosial. Biasanya, orang yang kecanduan di sosmed akan melupakan pekerjaan. Bahkan tidak jarang pula menimbulkan konflik dalam kehidupan nyata.

Untuk menghindari kebiasaan kepo atau mencampuri urusan orang lain yang dapat menimbulkan konflik, KabarMakassar.com akan mengulas cara agar tidak kecanduan media sosial.

Ingat bahwa hidup bukan hanya di dunia maya
Sebuah penelitian yang dilakukan seorang konselor profesional di Argosy University, Chinwe Williams, mengatakan bahwa pasangan atau teman akan merasa keberatan jika terlihat lebih fokus pada gadget ketimbang pasangannya sendiri.

Jauhkan diri dari teknologi agar dapat berkomunikasi di dunia nyata.

Hindari terjebak ke dalam lubang hitam media sosial
ketika mood sedang merasa sedih, sebaiknya hindari melihat beberapa postingan teman-teman ataupun keluarga yang ada di media sosial. Ini dikarenakan akan ada perasaan cemburu ketika melihat kegembiraan orang lain sementara diri sendiri sedang sedih.

Jangan keseringan memegang gadget
Jalani kehidupan sehari hari seperti biasanya, sebisa mungkin dengan menyibukkan diri dengan mengisi aktivitas bermanfaat selain menggunakan gadget. Banyak kegiatan seperti olaharaga, menulis, memasak yang dapat dilakukan tanpa menggukan peralatan teknologi.

Selain karena dapat terpengaruh di dunia maya, seringnya memegang gadget dapat menimbulkan masalah pada kesehatan seperti mata, karena terkena efek radiasi.

Kehidupan di media sosial belum tentu akurat
Beradasarkan penelitian yang dilakukan seorang spesialis media sosial, Jodie Cook, mengatakan tidak semua hal yang ada di media sosial itu benar. Bahkan, hampir semuah orang mengubah foto asli mereka, seperti menambahkan sedikit cahaya atau menghilangkan beberapa kerutan dan jerawat di wajah.

Tidak hanya itu, beberapa orang juga ada yang memamerkan kesuksesan di media sosial, meskipun sebenarnya belum tentu sesuai dengan kenyataan yang ada.

 

Marwah Ismail

Journalist

Pewarta yang telah memiliki sertifikasi "Jurnalis Muda" dari Dewan Pers. Mahasiswi Jurusan Broadcast Universitas Fajar ini aktif menulis sejak 2013 lalu.

Redaksi

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close