Lagi, Makassar Jadi Kota Pelayanan Informasi Publik di Sulsel

Wakil Ketua Komisi Informasi Publik Sulawesi Selatan, Andi Muhammad Iham. [Foto: Harlink]

KabarMakassar.com— Komisi Informasi Publik (KIP) Sulawesi Selatan bakal mengumumkan daerah yang sukses dalam melakukan transparansi publik.

Acara tersebut akan dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo sekaligus memberikan penghargaan kepada lima daerah yang layak mendapatkan penghargaan atas kesuksesan dalam pelayanan publik, di Hotel Condotel, Makassar, 29 Desember 2017.

“Tolak ukurnya karena daerah tersebut paling aktif melakukan keterbukaan informasi publik, dan akan langsung diberikan oleh Pak Gubernur, kita sudah menyurat, dan Insya Allah beliau hadir,” ujar Wakil Ketua Komisi Informasi Publik Sulawesi Selatan, Andi Muhammad Iham saat ditemui usai melakukan diskusi publik di Hotel Remcy, Panakukkang, Makassar, Sabtu 23 Desember 2017.

Baca juga :   Aliansi BEM Makassar Gelar Dialog Kepemudaan

Menurut dia, penghargaan tersebut didapatkannya melalui beberapa proses, diantaranya, daerah tersebut sukses dalam mengumumkan informasi publik, sukses menyiapkan informasi apabila ada permohonan dan mendokumentasikan informasi, serta sukses melakukan pelayanan publik.

“Jadi, ada 4 poin penilaian kita, dan poin pelayanan ini yang paling menjadi bobot tertinggi dalam penilaian di tingkat Kabupaten/Kota,” ungkapnya.

Baca juga :   Makassar Masuk 10 Daftar Destinasi Wisata Indonesia 2017

Sebelumnya, lanjut dia, pihaknya telah membagikan kuisioner kepada seluruh 24 kabupaten/Kota di Sulsel pada saat Bimtek beberapa waktu lalu. Namun hanya ada 13 yang mengembalikan dan akan di kerucutkan menjadi 5 nominator.

“Kita ambil berdasarkan abjad yakni Barru, Luwu Utara, Makassar, Pare pare dan Sinjai. Dari 5 ini akan menunggu rapat pleno tim untuk mendapatkan urutan peringkatnya,” jelas Ilham.  (*/enr)

Baca juga :   Sambut HUT Makassar, Dinkes Akan Gelar Sunnatan Massa Gratis

Penulis Suharlim Syamsuddin