News

Lacolla, Destinasi Wisata Baru Kabupaten Maros

Lacolla, Destinasi Wisata Baru Kabupaten Maros

Kabar Makassar-- Kabupaten Maros kembali menghadirkan destinasi wisata berupa air terjun yang bertingkat. Berada tepat di Dusun Malaka, Desa Cenrana Baru, Kecamatan Cenrana. Kabupaten Maros Provinsi Sulsel. Kawasan air terjun yang mempunyai tingkatan 7 susun ini diberi nama air terjun Lacolla.

Kabupaten Maros terletak dibagian utara dan berbatasan langsung dengan Kota Makassar. Maros terkenal dengan keindahan alamnya yang sangat eksotis. Beberapa objek wisata yang terkenal yaitu kawasan karst Maros, kawasan obyek wisata Bantimurung, Ramang-rammang, air terjun Bonto Somba dan kawasan Prasejarah Leang-leang.

Selain beberapa objek wisata diatas, ada satu objek wisata baru yang ditemukan di Maros. Objek wisata berupa air terjun 7 susun yang berada di Dusun Malaka, Desa Cenrana Baru, Kecamatan Cenrana. Air terjun ini diberi nama Lacolla. Air terjun Lacolla ini sangat indah karena air terjun tersebut tersusun rapih hingga 4 tingkat.

Area ini sebenarnya memiliki susunan air terjun 7 tingkat namun 3 tingkat lainnya berpisah agak berjauhan. hanya 4 yang benar-benar tersusun dengan sangat indahnya. Destinasi ini semakin menarik karena diapit oleh bebatuan dan tebing-tebing yang tersusun indah yang berada disekitar air terjun Lacolla.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke air terjun Lacolla, jarak yang ditempuh dari kantor Desa Cenrana Baru menuju ke air terjun Lacolla sekitar 2 Kilometer. Setelah menempuh jarak sekitar 2 km. kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki menuruni bukit menuju lokasi dengan jarak tempuh sekitar 300 meter dan melewati 1001 anak tangga dari puncak bukit tempat memarkir kendaraan.

Namun, tenang saja rasa lelah selama menuruni anak tangga akan terbayarkan dengan pemandangan air terjun susun ini dan udara segar selama perjalanan menuju lokasi air terjun Lacolla. Derasnya air yang jatuh menimbulkan busa dan bulir-bulir air lalu tumpah mengalir mengikuti arus sungai. Bagi para pengunjung rugi rasanya ketika tidak merasakan segarnya air terjun yang menyegarkan tubuh.

Bagi para pengunjung yang datang untuk menikmarti sensasi air terjun Lacolla masih digratiskan. Pemerintah belum melakukan pemungutan biaya masuk selama fasilitas belum dioptimalkan.

Penulis: Indrawan
Foto:Int.

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close