Kue Tradisional yang Menggugah Hingga Kini

Kue Buroncong khas Sulawesi Selatan

Kabar Makassar– Kua buroncong adalah salah satu jajanan khas Bugis Makassar yang hingga saat ini masih diminati, kue ini banyak ditemukan di tempat tempat kuliner kota Makassar, bahkan di tepi tepi jalan dan lorong kota.

Kue tradisional ini biasanya disebut beroncong, garoncong, geroncong atau kue ganco kalau didaerah lain mirip mirip dengan kue pukis.

Buroncong terbuat dari campuran tepung terigu, kelapa parut yang muda, santan, gula pasir, garam serta penambahan soda kue. Adonan sederhana kue buroncong ini kemudian di letakkan di atas cetakan khusus dan dibakar di atas api.

Baca juga :   Ini Kuliner Paling Diminati Di Toraja

Bentuk kue buroncong hampir mirip mirip dengan pukis namun ukurannya lebih besar, panjangnya sekitar tujuh sentimeter dengan tebal berkisar dua sentimeter.

Kue Buroncong ini bercita rasa manis dengan sensasi renyah yang berasal dari parutan kelapa. Cara membuat kue buroncong yaitu dengan menyatukan semua adonan dalam satu wadah lalu dicampur dengan air lalu diaduk hingga rata, adonan biasanya agak encer.

Baca juga :   Restorant Jepang Kini Hadir di MaRI

Adonan siap masukkan kedalam cetakan yang telah dipanaskan dengan bara api, jangan lupa olesi dulu cetakan dengan minyak kelapa menggunakan kuas atau daun pisang agar adonannya tidak lengket.

Setelah adonan kelihatan mengembang dan pinggirannya agak berwarna coklat artinya kue buroncong sudah matang.

Belakangan kue buroncong juga terkena sentuhan inovasi, para pedangang paganan ini menawarkan kue buroncong dengan berbagi rasa alternatif, dengan menambahkan susu atau keju sebagai pengganti gula pasir.

Baca juga :   Bulunangko, Kuliner Khas Toraja Berasal dari Afrika

Kue Buroncong sudah dikenal oleh masyarakat Sulawesi Selatan sejak puluhan tahun. Jika berkunjung ke Makassar tidak ada salahnya untuk mencicipi kudapan yang satu ini.