News

KPU Sosialisasi Tata Cara Pencalonan Pilgub Jalur Perseorangan

KPU Sosialisasi Tata Cara Pencalonan Pilgub Jalur Perseorangan

Kabar Makassar— komisi pemilihan umum (KPU) provinsi Sulawesi selatan mensosialisasikan tata cara pencalonan bakal pasangan calon perseorangan pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi selatan tahun 2018 di aula KPU Sulsel.

Sosialisasi yang dibuka secara umum kepada masyarakat luas yang ingin mengetahui bagaimana proses pencalonan bakal calon perseorangan pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan. Turut hadir beberapa partai politik (parpol), lembaga survey masyarakat (LSM) dan masyarakat umum.

Dalam pemaparannya, Komisioner KPUD Sulsel Divisi Hukum, Khaerul Mannan, bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan diri sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel melalui jalur perseorangan harus melalui beberapa tahapan verifikasi. Tahapan tersebut yaitu verifikasi jumlah dukungan dan sebaran dukungan, verifikasi administrasi dan verifikasi faktual.

Lebih lanjut khairul manan menjelaskan untuk verifikasi jumlah dukungan minimal sebanyak 480.060 suara dan tersebar minimal di 13 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan. Setelah itu dilakukan verifikasi administrasi yaitu menyesuaikan antara administrasi kependudukan dengan data yang ada di formulir model B. 1 KWK perseorangan. Dan terakhir verifikasi factual yaitu menelusuri secara langsung ke lapangan data-data yang ada di formulir model B.1 KWK dan mencocokan nya ke masyarakat.

tahapan pendaftaran pasangan calon perseorangan untuk Pilgub Sulsel 2018, dimulai tanggal 22 sampai 26 November 2017.

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close