KPU Selayar Gelar Uji Coba E-Coklit di Dua Kecamatan

(IST)

KabarMakassar.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Selayar telah menggelar uji coba penggunaan aplikasi E-Coklit di dua kecamatan di wilayah daratan Selayar, Jumat (15/5) kemarin.

Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Selayar, Nandar Jamaluddin mengatakan, aplikasi ini merupakan media pemutakhiran data pemilih secara elektronik yang untuk kali pertama akan diterapkan secara nasional pada Pilkada serentak 2020 dan nantinya akan menjadi bagian penting dari proses E-Rekap.

“Uji coba E-Coklit secara khusus telah dilakukan dan diterapkan di dua wilayah kecamatan berbeda di daratan Selayar, yakni di Kecamatan Bontoharu dan Buki. Proses uji coba E-Coklit merupakan bagian penting proses pencocokan, penelitian serta pemutakhiran data pemilih berbasis smartphone yang dikembangkan untuk membantu dan mempercepat proses coklit data pemilih,” kata Nandar, Sabtu (16/5) malam.

“Aplikasi berbasis smartphone ini dipastikan terhubung secara langsung ke server KPU, dan langsung sinkron dengan Sidalih KPU,” jelasnya.

ekdar diketahui pada pelaksanan uji coba ini, karena situasi dan kondisi (sikon) yang tidak memungkinkan, maka mekanismenya tidak lagi dilakukan secara door to door, dan hanya diterapkan sampai pada level kepala dusun serta perangkat RT di lokasi TPS bersangkutan.

Uji coba penerapan E-Coklit di Kabupaten Kepulauan Selayar ini juga dipantau dan disaksikan secara langsung oleh unsur pemerintah kabupaten yang diwakili Sekretaris Daerah, Marjani Sultan dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Selayar. (*)

Reporter :

Editor :

-

Redaksi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI