News

Kontrol Saluran Air, PU Buat Mainhole Multifungsi

Kontrol Saluran Air, PU Buat Mainhole Multifungsi

Kabar Makassar --- Mengatasi banyaknya Plat Drainase yang tidak di lengkapi Mainhole, Satgas Drainase Dinas Pekerjaan Umum harus membuat lubang sebagai akses kontrol saat melakukan pengerukan sedimentasi. Hal ini ternyata masih belum membuat pihak PU bergerak dalam mengatasi saluran air yang bermasalah.

Humas DPU, Hamka Darwis, Rabu 26 April 2017 mengatakan mainhole di plat drainase sangat menghambat percepatan pekerjaan Satgas Drainase saat melakukan pengerukan sedimentasi. Hal ini dikarenakan penutup mainhole yang tidak bisa memudahkan membuka plat saat akan mengontrol saluran air. Dengan adanya persoalan tersebut, Dinas PU Kota Makassar, mengambil strategi dengan membuat Mainhole dengan dilengkapi model ventilasi.

Tujuannya, Mainhole dengan dilengkapi tutup yang terbuat dari besi plat (baja) yang akan lebih mempermudah saat mengontrol kondisi drainase, khususnya pada saat dilakukan pengerukan sidementasi.

Hamka menjelaskan tutup mainhole ini multifungsi, selain sebagai ruang kontrol untuk akses air, mainhole ini juga nantinya bisa menjadi akses bagi satgas drainase ketika melakukan pengerukan sedimentasi atau pada saat melakukan pembersihan sampah di areal drainase.

"Selain itu masyarakat juga bisa lebih mengetahui kondisi drainasenya, karena bisa memantaunya lewat ventilasi yang ada," ujarnya Humas DPU, Hamka Darwis.

Dia berharap dengan adanya sistem ventilasi ini, para petugas akan lebih mudah dalam melaksanakan tugasnya. Selain itu masyarakat juga bisa memantau langsung kondisi drainase yang ada dilingkungan mereka.(*)

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close
%d bloggers like this: