Komunitas Ini Dukung Aksi Kamisan Makassar

Logo Aksi Kamisan Makassar

KabarMakassar.com — Komunitas millenial yang tergabung dalam Makassar Tourism Community atau yang kerap disapa MATIC mendukung penuh aksi Kamisan dalam berjuang melawan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) dan kebebasan berekspresi pada besok hari, Kamis 7 Desember 2017.

Irham Samad selaku Ketua Komunitas MATIC mengaku generasi penerus bangsa harus mendalami nilai-nilai HAM agar dapat memahami demokrasi dan kebebasan berekspresi masyarakat Indonesia.

Sehubungan dengan akan dilaksanakannya “Aksi Kamisan”, Ketua Komunitas Matic ini mengecam keras segala bentuk pelanggaran Hak Asasi Manusia yang terjadi di Indonesia.

“Bentuk dukungan kami besok jelas. Kami akan bergabung dengan melakukan gerakan bersama besok di Taman Macan. Kebetulan special perform DJ Austin bagian dari pengurus kami di Matic,” ucapnya

Baca juga :   Komunitas Ini Buat Pelatihan Menulis Fiksi Anti Korupsi

Dia juga menuntut agar kasus pelanggaran HAM yang telah terjadi Di Indonesia untuk diungkap kembali secara tuntas dan adil.

“Aksi Kamisan” adalah sebuah bentuk kampanye yang menyuarakan semangat kebebasan berekspresi dan perjuangan terhadap kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia maupun Internasional.

Poster “Aksi Kamisan” Makassar Dengan Tema “Jangan Padamkan Hak Asasimu” Akan Berlangsung Pada Kamis 7 desember 2017

Istilah “Aksi Kamisan” digunakan karena ritual pergerakan aktivis internasional dalam menyuarakan hak warga dan melawan pelanggaran HAM berlangsung di setiap hari Kamis.

Pilihan ini jatuh karena hari “Kamis” adalah hari di mana peserta kampanye perjuangan ini berkumpul bersama dalam menyuarakan perjuangan terhadap pelanggaran HAM.

Baca juga :   Begini, Aktifitas SLIM Selama Berada di Bantaeng

“Aksi Kamisan” awalnya berlangsung di Depan Istana Presiden sebagai simbol pusat kekuasaan dengan waktu kampanye dimulai pada pukul 16.00-17.00 saat lalu lintas di depan Istana Presiden ramai oleh kendaraan pulang bekerja.

“Aksi Kamisan, identik dengan payung hitam sebagai maskot karena simbol ini melambangkan perlindungan dan keteguhan iman. Payung merupakan pelindung fisik atas hujan dan terik matahari, dan warna hitam melambangkan keteguhan iman dalam mendambakan kekuatan dan perlindungan illahi,” lanjutnya

Baca juga :   YAPMA dan YAKIN Buka Puasa Bersama Ribuan Anak Yatim

Aksi Kamisan yang pertama di gelar di Makassar ini juga akan dilakukan serentak di empat kota besar lainnya di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Solo dan Surabaya pada Kamis, 7 Desember 2017 mendatang.

Peluncuran “Aksi Kamisan” di Kota Makassar akan dilaksanakan mulai jam 14.00 siang hingga pukul 16.00 Wita bertempat di Taman Macan Makassar.(*/Mfn)