Komoditas Bahan Makanan Dominasi Inflasi Sulsel

Foto: Dok. KabarMakassar.com

KabarMakassar.Com — Bank Indonesia (BI) Sulsel merilis hasil survei desember 2017, inflasi Sulsel didorong oleh seluruh kelompok pengeluaran terutama bahan makanan dan sandang.

Pada bulan desember 2017 Sulsel mencatat inflasi sebesar 1.04% (mtm), terutama didorong kenaikan harga bahan makanan (2,59%, mtm) diikuti kelompok sandang (1,31%, mtm) dan kelompok perumahan, air, gas dan bahan bakar (0,63%,mtm) serta kelompok kesehatan (0,63%, mtm).

“Komoditas yang memberikan andil inflasi terbesar pada desember 2017 adalah ikan bandeng, perhiasan emas, angkutan udara, beras, dan telur ayam,” terang Bambang Kusmiarso, Kepala Perwakilan BI Sulsel, pada press release di Kantor Bank Indonesia Sulsel, Rabu 3 Januari 2018.

Baca juga :   Bendungan Pammukulu Dianggarkan Rp 1,7 Triliun

Selain itu, Bambang memperkirakan pertumbuhan ekonomi Sulsel pada Triwulan IV 2017 akan kembali meningkat sebanding dengan optimisme masyarakat dan kegiatan usaha sektor perdagangan yang juga terus meningkat.

“Hasil Survei Konsumen menunjukkan masyarakat semakin Optimis dengan kondisi ekonomi di Sulsel. lndeks Keyakinan Konsumen (IKK) Desember 2017 sebesar 130,3, meningkat dari bulan sebelumnya sebesar 123,3,” terangnya.

Baca juga :   Polsek Minasetene Temukan Sabu 1kg di Rumah Warga

Optimisme masyarakat tersebut, menurut Bambang, terutama didorong oleh peningkatan lndeks Kondisi Ekonomi sebesar 128,3 yang meningkat dari periode sebelumnya sebesar 114,5, dengan didorong oleh ketepatan waktu pembelian barang tahan lama di akhir tahun.

“Indeks ekspektasi konsumen sendiri tercatat sebesar 132.2 yang meningkat dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 132,0. Angka tersebut didorong oleh ekspektasi pendapatan pada 6 bulan kedepan yang dinilai akan lebih baik,” Tambahnya.(*/Mfn)

Baca juga :   Praktek Dugaan Monopoli Pelabuhan Makassar Terulang Lagi

Penulis: Nur Marwah