Kodam XIV Hasanuddin Kemas HUT RI Dengan Pendekatan Religius

Mayjen TNI Agus Surya Bakti

Kabar Makassar– Sambut HUT RI ke 72 tahun Kodam XIV Hasanuddin akan menggelar kegiatan 171717. Pangdam XIV HAsanuddin, Mayjen TNI Agus Surya Bakti menjelaskan TNI membuat kegiatan dengan angka sakral tersebut guna mengajak dan memotivasi masyarakat dalam memaknai HUT RI dengan mengacu pada Pancasila.

“Intinya kita ingin mengajak masyarakat untuk mengambil hikma dengan menjiwai perjuangan bangsa melalui pancasila dimana sila pertama itu berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa, filosofi sila pertama itu mendasari sila ke 2, 3, 4 dan 5,” kata Agus Surya Bakti tang menggelar konferensi pers di Kodam XIV Hasanuddin jalan Urip Sumohardjo Makassar. Selasa 15 Agustus 2017.

Baca juga :   Walikota Danny: Saatnya Kembalikan Kekayaan Sejarah Kota Makassar

Lebih lanjut keyakinan pada Pancasila sebagai kekuatan dasar sila pertama dijabarkan dalam dzikir serta doa bersama dan dilaksanakan pada waktu 171717.

“Kita akan melakukan dzikir dan doa bersama yang dilaksanakan pada tanggal 17 pukul 17 tahun 2017 (171717) yang dimulai dengan sholat azhar berjamaah, di waktu pukul 17 itu kita meminta pada masyarakat untuk berhenti sejenak melakukan dzikir,” lanjutnya.

Baca juga :   Keunikan dan Filosofi Rumah Orang Bugis

HUT RI yang dikemas dengan pendekatan religius ini akan dipusatkan di mesjid Almarkaz dengan menghadirkan 150 hafiz Al-Qur’an dan tauziah yang dibawalan oleh Ketua MUI, Sanusi Baco.

Selain dzikir dan doa bersama akan dilakukan juga sosialisasi berbangsa dan bernegara serta pameran alusista oleh TNI.

Kegiatan ini sendiri diperakarsai oleh panglima TNI untuk tiga provinsi wilayah kodam yaitu Sulawesi, Maluku, dan Papua dan akan dilakukan di seluruh Indonesia.

Baca juga :   Mahasiswa Unhas akan ber-KKN di MK

“TNI itu hanya sebagai motivator untuk memaknai momentum proklamasi ino, sebagai bukti penting dari implementasi sila pertama pancasila,” tutupnya.