News

Khasiat Buah Naga Bagi Tubuh

Khasiat Buah Naga Bagi Tubuh

Kabar Makassar --- Salah satu buah yang sangat digemari masyarakat Indonesia khususnya di Kota Makassar adalah Buah Naga. Bentuk kulit yang menyerupai sisik naga ini digemari karena rasa manis dan kaya akan manfaat.

Di Makassar ketika sudah musimnya, akan banyak dijumpai di pedagang buah sepanjang Jalan Mappanyuki, Jalan Sultan Alauddin dan sekitar pinggiran jalan ramai Kota.

Meskipun banyak ditemui di Indonesia. Namun, tempat asal buah naga awalnya di negara Amerika Selatan yang kemudian dibawa dan dikembangkan di negara-negara Asia, salah satu di antaranya adalah Indonesia.

Buah naga memiliki beragam macam yang tergantung dari kondisi geografis dimana ia tumbuh. Namun, yang sering dijumpai adalah jenis dengan nama Latin Hylocereus costaricensis (kulit berwarna merah muda dan daging dengan warna merah sangat terang) dan jenis bernama Latin Hylocereus undatus (jenis buah naga yang warna kulitnya memiliki warna merah dan daging berwarna putih).

Selain itu, buah naga memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh seperti vitamin, protein, serat dan mineral.

Dilansir dalam manfaatsehat.id, mengonsumsi buah naga memberikan yang baik untuk kesehatan. KabarMakassar.com merangkum sebagai berikut.

Menjaga kelembaban kulit

Buah naga memiliki kandungam vitamin yang cukup untuk kebutuhan kulit, dimana kulit membutuhkanya sebagai nutrisi agar tetap sehat dan tidak kering. Selain itu buah naga juga dilengkapi antioksidan, sehingga konsumsi buah naga sangat bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungam antioksidan dalam buah naga sangat tinggi manfaatnya. Salah satu di antaranya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga konsumsi buah naga dapat mencegah penyakit yang menyerang tubuh.

Mencegah tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang disebabkan oleh penyumbatan arteri. Fungsi buah naga salah satunya adalah untuk melancarkan aliran darah sehingga tekanan diri pun dapat dicegah. Oleh karena itu, para penderita penyakit darah tinggi disarankan untuk mengonsumsi buah ini.

Menetralkan racun dalam tubuh

Tidak hanya air kelapa saja yang dapat menetralkan racun di dalam tubuh, buah naga juga mampu menetralkan racun dari kandungan protein yang ada di dalamnya sangat bermanfaat untuk menghindakan tubuh dari zat racun yang mengancam di dalam tubuh.

Mencegah kanker

Salah satu cara mencegah kanker adalah dengan mengonsumsi buah naga. Buah naga mengandung antioksidan phytoalbumin yang sangat banyak jumlahnya, senyawa ini mampu meningkatkan pembentukan radikal bebas karsinogenik yang mencegah sel kanker berkembang dalam tubuh. Selain itu, buah naga juga mengefektifkan kerja pembuangan racun keluar dari tubuh, termasuk juga racun yang memicu kanker.

Membantu penyembuhan batuk

Sebagian orang mungkin menganggap batuk adalah penyakit yang cepat penyembuhannya, meski hanya meminum air hangat, perasan jeruk nipis dan kecap. Namun, penyembuhan juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi buah naga.

Bermanfaat untuk kesehatan tulang

Buah naga memiliki kandungan mineral yang tinggi seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Kandungan ini membuat buah naga menjadi makanan yang menjadi sumber baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tulang untuk dapat tetap sehat dan kuat.

Menurunkan jumlah kolesterol

Kandungan vitamin B3 yang sangat tinggi dalam buah naga, dipercaya ampuh menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh. Sehingga penderita kolesterol tinggi sangatlah disarankan untuk mengonsumsi buah ini.

Membantu pembentukan sel darah merah (hemoglobin)

Sel darah merah (hemoglobin) sangatlah dibutuhkan dalam tubuh. Pembentukannya dapat dilakukan dengan bantuan dari vitamin B12 atau riboflavin. Buah naga memiliki kandungan vitamin B12 (riboflavin) yang sangat tinggi. Sehingga konsumsi buah naga dapat membantu pembentukan sel darah merah (hemoglobin) dalam tubuh.

Baik untuk kesehatan usus

Serat yang ada di dalam buat naga sangat baik untuk membantu melancarkan sistem pecernaan. Selain itu, serat juga berfungsi untuk membantu meringankam kerja usus setelah mengonsumsi makanan berat.

Foto: Int.

Marwah Ismail

Journalist

Pewarta yang telah memiliki sertifikasi "Jurnalis Muda" dari Dewan Pers. Mahasiswi Jurusan Broadcast Universitas Fajar ini aktif menulis sejak 2013 lalu.

Redaksi

Related Articles

Berita Foto: Pengumpul Rupiah di Musim Hujan Berita Foto: Pengumpul Rupiah di Musim Hujan

Berita Foto: Pengumpul Rupiah di Musim Hujan

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close