Keunikan Pulau “K” yang Terbentuk Secara Alamiah

Peta Pulau Sulawesi

Kabar Makassar– Pulau Sulawesi merupakan salah satu dari sekian ribu pulau yang ada diseluruh dunia, jika dilihat dari bentuk fisiknya menyerupai huruf ‘K’, hal ini tentunya tidak terjadi begitu saja.

Pembentukan pulau Sulawesi atau pulau pulau yang lainnya bukan merupakan hal yang kebetulan terjadi tetapi semua hal tersebut merupakan rancangan dari sang Khaliq yang pasti mempunyai masksud dan tujuan bagi manusia.

Pertanyaan yang kemudian muncul, mengapa pulau Sulawesi terbentuk mirip dengan huruf “K”?

Menurut para ahli Goelogi, terbentuknya pulau Sulawesi yang terjadi secara alamiah oleh proses alam danmemang berbeda dengan proses terbentunya pulau pulau yang lain di Negara Kepulaun Nusantara ini, bahkan hanya beberapa pulau di dunia yang mempunyai kesamaan dalam proses terbentuknya.

Pulau Sulawesi terbentuk dengan proses endogen yaitu proses yang terjadi karena adanya pengangkatan dari dalam perut bumi .

Artinya pembentukan pulau Sulawesi terjadi dengan sendirinya, tidak seperti pulau pulau lain yang proses pembentukan merupakan hasil pertahana/pelepasan daratan dari suatu daratan utama/benua.

Seperti halnya pulau Jawa yang dulunya bersatu dengan pulau Sumatera dan bersatu dengan Malaysia terus kedaratan Asia.

Baca juga :   Dirgahayu Lantara Dilantik menjadi Wakil Rektor II UMI

Pulau Kalimantan dulunya bersatu dengan daerah Malaysia terus ke Philipina terus ke daratan Asia. Pulau Maluku dulunya bersatu dengan Irian Jaya (kini Papua) bersatu dengan Papua New Guinea terus ke daratan Australia.

Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya persamaan flolra (tumbuhan) dan fauna (hewan) diantara masing masing wilayah tersebut.

Berbeda halnya dengan pulau Sulawesi yang memang dulunya terbentuk dengan sendirinya dari proses Endogen. Jadi pulau Sulawesi terbentuk bukan dari benua lain.

Hal ini terbukti dari beberapa jenis flora dan fauna yang tidak ada samanya di dunia, sebagai contoh hewan Anoang (sejenis hewan Rusa) dan Kerbau Belang (Tedong Bonga) di tana Toraja.

Selain itu, Pulau Sulawesi yang berbentuk huruf “K” juga memiliki beberapa fakta tersembunyi yang belum banyak di ketahui.

1. Terdapat huruf Korea di Sulawesi Tenggara

Siapa yang menyangka bahwa huruf Korea tidak hanya terdapat di Korea saja. Salah satu daerah di Sulawesi Tenggara tepatnya di kota Bau Bau, terdapat suku yaitu suku Cia cia yang menggunakan aksara Hangul yang merupakan abjad dari bahasa Korea Selatan.

Baca juga :   Prihatin Generasi Milenial, Maman Suherman Curhat di Makassar

Abjad ini digunakan untuk menuliskan bahasa daerahnya. Fakta unik dari Sulawesi ini memang masih sedikit orang yang mengetahuinya karena memang sebagian penduduknya mendiami pulau Buton dan jarang sekali datang ke perkotaan. Hampir 95 persen penduduknya adalah petani dan nelayan.

2. Ragam Bahasa terbanyak

Jika di Bau Bau ada keunikan tentang bahasa Koreanya, lain halnya dengan daerah Sulawesi Selatan. Fakta unik Sulawesi ini memang terkenal sekali dengan bahasanya yang bermacam macam.

Namun tidak banyak orang yang mengetahui tentang ragam bahasa yang dimiliki oleh provinsi yang berada di daerah timur ini.

Ragam bahasa yang paling banyak diseluruh daerah di Indonesia hanya ada di Sulawesi Selatan. Tak tanggung tanggung ada 35 bahasa yang digunakan oleh warga Sulawesi.

3. Falora dan fauna endemik

Siapa yang menyangka bahwa Pulau Sulawesi juga memiliki slora dan fauna endemik yang berasal dari campuran dunia belahan barat seperti Asia dan juga biota bagian timur seperti Australia.

Baca juga :   Kampus UIT Menciptakan Sejarah

Keberagaman ini menjadi salah sau keunikan Sulawesi yang memang tidak bisa ditemukan di daerah lainnya. Keunikan biologi di Sulawesi dipengaruhi oleh perkawinan antar spesies yang berbeda, yang kemudian menimbulkan berbagai macam sifat biologi baru.

Selain itu, kawasan biogeografi unik di Sulawesi juga ada di Meksiko yang memang termasuk campuran antara Amerika Utara dengan Selatan.

4. Situs warisan dunia Tana Toraja

Siapa yang tidak tahu tentang suku Toraja yang tinggal di salah satu daerah yang sekarang menjadi salah satu warisan dunia yang diresmikan oleh UNESCO.

Berbagai macam adat dan budaya yang terdapat di berbagi daerahnya menjadi salah satu keunikan tersendiri untuk pulau Sulawesi Selatan.(Berbagai Sumber)

[divider sc_id=”sc230676932010″]divider-3[/divider]

[team layout=”4″ staff=”1694″ sc_id=”sc498302221495″]