Kete' Kesu Masuk Nominasi Kampung Adat Terpopuler di API

Kete' Kesu Masuk Nominasi Kampung Adat Terpopuler di API

Kete’ Kesu Masuk Nominasi Kampung Adat Terpopuler di API

Kabar Makassar -- Obyek wisata di Toraja Utara yakni Kete'kesu masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia atau API 2017 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata RI dan juga melibatkan berbagai pihak yang terlibat dalam Bidang Pariwisata seperti Asosiasi Pariwisata, Jurnalis Pariwisata, Blogger, Pengamat atau Pelaku Pariwisata.

Kete'kesu merupakan salahsatu dari puluhan obyek wisata yang ada di Toraja Utara, dimana obyek wisata ini terletak 4 kilometer di bagian tenggara kota Rantepao, Bahkan Kete'kesu juga dinominasikan sebagai warisan dunia oleh UNESCO.

Untuk diketahui jika Desa ini terdiri dari 6 rumah Tongkonan, 12 lumbung padi, lahan untuk upacara yang terbuka, area persawahan dan didalamnya terdapat situs pemakaman.

Tongkonan yang terdapat di desa ini diperkirakan berumur sekitar 300 tahun, namun relik yang ditemukan di situs pemakaman berusia sekitar 500 tahun, mengindikasikan bahwa pernah ada pemukiman di kawasan sekitar yang berusia lebih tua.

Di Ke'te Ke'su merupakan tempat dimana adat tradisi masih dilestarikan. Terdapat sebuah museum berisi cuplikan sejarah Kete' Kesu.

Sementara itu Kete'kesu masuk nominasi dari 10 nominasi desa adat terpopuler di Indonesia. Diantaranya yakni Desa Ensaid Panjang – Kab. Sintang. Desa Tanimbar Kei – Kab. Maluku Tenggara. Desa Tenganan Pegringsingan – Kab. Karangasem. Desa Wisata Setulang – Kab. Malinau. Kampung Adat Bena – Kab. Ngada. Kampung Terapung Suku Bajo – Kab. Wakatobi. Kampung Wisata Mangunan – Kab. Bantul. Kete Kesu – Kab. Tana Toraja. Perkampungan Budaya Betawi – Jakarta dan Saribu Rumah Gadang – Kab. Solok Selatan.

Anugerah Pesona Indonesia (API) merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap Pariwisata Indonesia. Disamping itu penyelenggaraan API juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak terutama Pemerintah Daerah (Pemda) untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerahnya masing-masing.

Untuk diketahui jika ada 90 objek wisata di penjuru nusantara berlomba berebut menjadi juara. Tercatat ada 15 kategori yang dilombakan dalam API 2017, antara lain yakni Surga Tersembunyi Populer (Most Popular Hidden Paradise), Obyek Wisata Terbersih Terpopuler (Most Popular Cleanliness),Situs Sdejarah Terpopuler (Most Popular Historical Site), Makanan Tradisional Terpopuler (Most Popular Traditional Dishes), Tempat Menyelam Terpopuler (Most Popular Diving Spot). Tempat berselancar terpopuler (Most Popular Surfing Spot), Atraksi Budaya terpopuler (Most Popular Cultural Attraction), Fetival Pariwisata Terpopuler (Most Popular Tourism Festival), dataran Tertinggi Terpopuler (Most Popular Highland) dan Tujuan Wisata Baru terpopuler (Most Popular New Destination). Minuman Tradisional Terpopuler (Most Popular Traditional Drink), Obyek Wisata Belanja terpopuler (Most Popular Shopping Spot), Obyek Wisata Unik Terpopuler (Most Popular Unique Tourism Spot). Promosi Pariwisata Digital Terpopuler (Most Popular Tourism Digital Promotion) dan Kampung Adat (Most Popular Traditional Village).

API 2017 ini melakukan pemilihan secara vote dis website Anugerah Pesona Indonesia 2017 yang dibuka pada tanggal 01 Juni 2017 dan berakhir 31 Oktober 2017. Kemudian rangkaian kegiatan API 2017 akan ditutup dengan penyelenggaraan Malam Penghargaan yang akan dilaksanakan pada bulan November 2017 mendatang.

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close