Ketahanan Pangan Sulsel Sosialisasi Buat Pupuk Organik

Pertanian Sulsel

Kabar Makassar — Dalam rangka meningkatkan produktivitas dan menjaga kelestarian alam serta lingkungan lahan Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan TPH Sulsel melakukan Kegiatan Sosialisasi Pembuatan Pupuk Organik di Grand Imawan Hotel Makassar pada tgl 14 sampai dengan 16 September 2017.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan TPH Sulsel, Fitriani, MP dalam sambutannya mengatakan, Konsep Back Nature yang saat ini menjadi tren dalam pola Konsumsi Masyarakat menuntut petani untuk mampu menghasilkan produk pertanian organik yang aman untuk dikonsumsi, pola budidaya tanaman harus mengacu pada konsep pertanian organik.

Baca juga :   Perayaan Maulid Ini Bikin Merinding

Penggunaan pupuk kimia dalam waktu yang panjang akan berdampak pada matinya mikro organisme dalam, pada hakikatnya penggunaan pupuk kimia tidak akan membuat hasil tanaman menjadi lebih banyak.

“Diawal memang akan terlihat signifikan, namun lambat laun justru akan membuat tumbuhan semakin menurun hasil dan kualitas panennya”ujar Maria Magdalena, MP Kepala Seksi Pupuk dan Pestisida.

Untuk diketahui jika peserta kegiatan sosialisasi ini sebanyak 40 orang yang terdiri dari kelompok tani dan Gapoktan pada Kabupaten Bulukumba, Sinjai, Maros, Gowa dan Pangkep

Baca juga :   Jokowi Resmikan Pasar Rakyat Maros Baru

Turut Hadir memberikan materi pada kegiatan ini Akademisi UMI dan Kepala Balai Proteksi Sulsel, Selain mengikuti materi pelatihan peserta juga akan melakukan praktek lapang pembuatan pupuk organik yang akan dilaksanakan di kantor balai proteksi Kabupaten Maros.

“Alhamdulillah, Respon petani cukup positif dalam mengikuti materi pada kegiatan ini karena mereka semakin memahami arti pupuk organik serta bahaya jangka panjang Pupuk Kimia yang selama ini dipergunakan di lahan pertanian mereka. tanah pertanian sudah rusak, oleh karena itu harus diperbaiki dengan mengurangi penggunaan pupuk kimia”kata Andi Achmad Mulya, selaku Humas Dinas Ketahanan Pangan TPH Sulsel.

Baca juga :   Final Seri Nikki Autonation Digelar Di Sirkuit Sidrap