Kenapa Masyarakat Sulsel Menyukai Nurdin Abdullah

Int.

Kabarmakassar,–Hasil survey Lembaga Indo Barometer untuk Pilgub Sulsel menempatkan Nurdin Abdullah sebagai sosok calon Pilgub yang paling banyak disukai masyarakat sulsel.

Hasil survey yang dirilis Indo Barometer tentang permasalahan Sulsel dan peluang calon gubernur 2018 memperlihatkan salah satu indikator survei yang dilakukan adalah calon gubernur yang disukai oleh masyarakat saat ini.

Dari data yang dirilis Indo Barometer mengungkapkan kinerja elektabilitas Cagub pada pertanyaan terbuka yaitu Nurdin Abdullah memperoleh angka 20,5 persen, disusul Icsan Yasin limpo 9,5 persen, Nurdin Halik 9,1 persen, Agus Arifin Nu’mang 4,3 persen dan tidak tahu atau tidak menjawab 55,4 persen.

Baca juga :   Obama, Prince Charles confer at White House

Alasan utama publik suka dengan Nurdin Abdullah adalah kinerja bagus, pintar/intelektual, dan dekat dengan rakyat, sedangkan alasan tidak suka adalah hanya pernah mendengar namanya tanpa pernah bertemu dengan orangnya.

Direktur Eksekutive Indo Barometer, Muhammad Qodari mengatakan bahwa metode yang digunakan yaitu metode standar yang sudah sering digunakan pada pilkada di suluruh Indonesia.

“hasil penemuan survei kepada populasi dengan metode ini seperti standar yang kita gunakan pada pilkada diseluruh Indonesia dengan marjin of erornya sekitar 3,46 persen”, kata Qadari pada wartawan setelah selesai pemaparan hasil survey di Hotel Clarion, kamis 16 November 2017.

Baca juga :   Balon Gubernur ini Sholat Ied di Masjid Raya

Survey yang dilakukan oleh Indo Barometer dimulai dari tanggal 11-16 November 2017 dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara langsung kepada responden dengan menggunakan kuesiner. Dengan jumlah sampel 800 responden yang tersebar di 24 kabupaten/kota di sulsel.

Kemudian rincian dari beberapa alasan memilih calon gubernur, pemilih yang memberikan alasan karena kinerja bagus, berjiwa pemimpin, dekat dengan rakyat, ingin perubahan lebih baik, dan pintar/intelektual, lebih banyak mendukung Nurdin Abdullah . sedangkan untuk alasan karena suka dengan figurnya, pasangan yang cocok, dan ada hubungan keluarga/teman lebih banyak mendukung ichsan yasin limpo. Pemilih yang memberikan alasan karena putra daerah dan satu suku, lebih banyak mendukung Nurdin Halid dan pemilih yang memberikan alas an karena berpengalaman, lebih banyak memilih Agus Arifin Nu’mang.

Baca juga :   Berita Foto : Makassar, Kota Pertama Deklarasi Cak Imin - AHY

Penulis : Indrawan