Kenali Tanda-Tanda Orang Kecanduan Narkoba

Kabar Makassar — Tidak henti-hentinya negeri kita ini melakukan pencegahan peredaran narkoba. Bahkan Kepala BNN, Budi Waseso yang dikenal dengan ketegasannya dalam memerangi narkoba hendak berguru ke Presiden Filipina, Rodrigo Duterte yang dikenal keras menindak bandar dan pecandu narkoba. Hal ini dilakukan Kepala BNN, Budi Waseso dikarenakan merajalelanya peredaran Narkoba di Indonesia.

Banyak orang yang sampai saat ini belum mengetahui tanda-tanda ataupun ciri-ciri kecanduan narkoba. Tidak tanggung-tanggung jika Narkoba menyasar pada anak-anak dan remaja sekalipun. Narkotika adalah zat–zat (obat) yang dapat mengakibatkan orang menjadi tidak sadar karena zat–zat tersebut bekerja mempengaruhi susunan syaraf pusat. Pengaruhnya berupa penenang, perangsang dan dapat menimbulkan halusinasi.

Baca juga :   Peran BUlo dalam Menumbuhkan Ketahanan Ekonomi

Kebanyakan pecandu terdiri dari kaum remaja, baik mereka di kota maupun di desa, yang berasal dari keluarga kaya maupun miskin, berpendidikan tinggi maupun biasa-biasa saja. Para remaja dapat terpengaruh karena banyak faktor, yaitu faktor orang tua yang kurang memperhatikan anak-anaknya dalam bergaul, lalu bisa juga karena kurangnya keimanan dalam diri seseorang, serta sifat putus asa yang menghantui mereka jika mengalami kegagalan, serta faktor teman yang mengajak untuk mencoba narkoba dan miras, berawal dari coba-coba itulah akhirnya menjadi ketagihan bahkan kebiasaan.

Untuk itu BNN melalui rilisnya memberikan informasi tentang tanda-tanda orang kecanduan dengan obat-obat terlarang kepada masyarakat, agar bisa dicegah dan menyelamatkan generasi bangsa.

Baca juga :   DP akan Lantik Pengurus Dewan TLSP Makassar

Berikut ciri-ciri kecanduan obat-obatan terlarang, yang menyasar kepada anak-anak dan remaja;

– Perubahan perangai atau perilaku seperti: yang biasanya periang tiba-tiba menjadi pemurung, mudah tersinggung dan cepat marah tanpa alasan yang jelas.
– Sering menguap dan mengantuk, malas, melamun dan tidak mempedulikan kebersihan atau penampilan diri.
– Menjadi tidak disiplin, atau sering kabur, baik di rumah maupun di sekolah.
– Nilai rapor atau prestasi lainnya menurun.
– Bersembunyi di tempat-tempat gelap atau sepi agar tidak terlihat orang.
– Lebih memilih bergaul dengan orang-orang tertentu saja yang mempunyai ciri-ciri seperti tanda-tanda di atas.
– Mencuri apa saja milik orang tua atau saudara untuk membeli minuman atau obat-obatan terlarang.
– Sering cemas, mudah stress atau gelisah, sukar tidur.
– Pelupa, seperti orang bego atau pikun.
– Mata merah seperti mengantuk terus atau memakai kacamata hitam.

Baca juga :   Jelang Deklarasi, Danny Imbau ASN Tak Terlibat

Foto: Int.

[divider sc_id=”sc633910145985″]divider-3[/divider]

[team layout=”4″ staff=”1673″ sc_id=”sc11478705170″]