News

Kemenhub Sosialisasi Aturan Baru Angkutan Online Di Makassar

Kemenhub Sosialisasi Aturan Baru Angkutan Online Di Makassar

Kabar Makassar-- Kementerian Perhubungan mengadakan sosialisasi di kantor Dinas Perhubungan Sulawesi Selatan (Dishub Sulsel) jalan Perintis Kemerdekaan.

Sosialisasi ini berkenaan dengan Peraturan Menteri (PM) Perhubungan nomor 108/2017 tentang penyelenggara angkutan sewa khusus (angkutan Online).

Sosialisasi ini dalam rangka menyampaikan aturan baru yang mengatur angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek (taksi online). Aturan ini adalah revisi dari Permen sebelumnya terkait hal yang sama yaitu PM 26 tahun 2017.

Kepala Biro Hukum Kemenhub Sulsel, Wahju Adji mengatakan, pada tahap sosialisasi telah dilakukan sosialisasi kepada masyarakat, di enam Kota di Indonesia yakni Jakarta, Bandung, Palembang, Surabaya, semarang, Makassar dan Medan.

“Saat ini kami hadir di Makassar dalam rangka mensosialisasikan peraturan PM 108 ini, dan yang hadir pada saat ini dari pihak aplikator yaitu grab” kata Wahju Adji.

Hal-hal substansial yang diatur dalam PM 108/2017 di antarnya terkait tarif batas atas dan bawah, wilayah operasi kendaraan, kuota atau penggunaan kebutuhan yang ditetapkan oleh gubernur, DPC, maupun angkutan trayek serta minimal kepemilikan 5 kendaraan.

“Mengenai aturan, penggunaan stiker adalah kewajiban, memasang stiker diwajibkan untuk dipasang di area depan dan belakang” ujar Wahyu Adji.

lanjut, wahju Adji menyebutkan, peraturan Permenhub 108 berlaku efektif sejak 1 November 2017 dan semua pihak wajib menyesuaikan peraturan ini maksimal 3 bulan sesuai ketentuan peralihan yang ada dalam Permenhub.

Sementara Kadis Perhubungan Sulsel Ilyas Iskandar mengatakan Untuk tarif batas bawah dan batas atas angkutan tersebut sama, tidak ada perbedaan dan mengacu untuk kategori wilayah II, yaitu antara Rp 3.700 hingga Rp 6.500 per kilometer.

Penulis: Indrawan

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close
%d bloggers like this: