News

Kemenaker: Job Fair Tidak Boleh Memungut Biaya Pencari Kerja

Kemenaker: Job Fair Tidak Boleh Memungut Biaya Pencari Kerja

Kabar Makassar--- Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mengeluarkan kebijakan untuk tidak mengenakan biaya retribusi ketika masuk di arena pameran Job Fair di setiap daerah.

Berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No 39 tahun 2016 pasal 54 ayat (3) yang menyebutkan penyelenggara pameran kesempatan kerja (Job Fair) dilarang melakukan pungutan biaya dalam bentuk apapun kepada pencari kerja.

Di Makassar, penyelenggara job fair juga seringkali menarik retribusi bagi para pencari kerja jika ingin masuk. Bursa kerja di Unhas misalnya, para pencari kerja biasanya dikenakan retribusi hingga Rp 25 Ribu.

Penyelenggara Job Fair diharapkan dapat mematuhi Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 39 Tahun 2016 tentang Penempatan Tenaga Kerja ini dan akan dilakukan pembinaan terhadap penyelenggara Job Fair baik swasta maupun bursa kerja khusus.

"Bila ada acara job fair dan pencaker ditarik biaya misalnya untuk harga tiket masuk, silahkan lapor, bisa melalui kanal media sosial resmi milik Kementerian Ketenagakerjaan. Bila tetap memungut biaya dari pencaker, sanksinya mulai dari peringatan tertulis hingga penghentian," jelasnya.(*)

Redaksi

Related Articles

Leave a Reply

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close