Kemenag Sulsel Harap Gowa Wakili Sulsel di MTQ Tingkat Nasional

Musabaqah Tilawatil Quran tingkat Kabupaten Gowa ke-43 yang digelar di Pelataran Masjid Agung Syekh Yusuf

KabarMakassar.com — Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Gowa ke-43 yang digelar di Pelataran Masjid Agung Syekh Yusuf, resmi dibuka, Senin (9/3) malam.

Kepala Bidang (Kabid) Penerangan Agama Islam, Zakat dan Wakaf, Rappe, yang hadir mewakili Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulsel, dalam sambutannya mengatakan, Gowa menjadi kabupaten ke-19 di Sulsel yang menggelar MTQ tingkat Kabupaten.

Rappe pun mengaku sangat mengapresiasi pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Gowa ini.

“Ini MTQ tingkat kabupaten tapi serasa tingkat provinsi, kita doakan bersama semoga Kabupaten Gowa bisa mewakili Sulawesi Selatan pada MTQ tingkat nasional pada bulan Agustus mendatang,” kata Rappe.

Gowa dan Makassar, kata dia, punya sejarah panjang dalam pelaksanaan MTQ tingkat nasional, dimana dua daerah ini merupakan peletak dasar pelaksanaan MTQ pertama tingkat nasional yang dilaksanakan di Sulsel.

“Oleh karena itu penyelenggaraan MTQ seperti ini akan membangkitkan lagi semangat ber-MTQ kita,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dalam sambutannya mengatakan, MTQ dilaksanakan dalam rangka menanamkan nilai-nilai agama kepada para penerus bangsa yang nantinya akan melahirkan kualitas sumber daya manusia yang beriman dan bertaqwa.

“Pembangunan sumber daya manusia penting, tetapi lebih penting juga membangun karakter kualitas ketakwaan kita kepada Allah SWT, sehingga kita mampu membangun sumber daya manusia yang baik. Tentunya berlandaskan iman dan takwa. Inilah yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gowa dengan pelaksanaan MTQ pada malam hari ini,” kata Adnan.

Pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten ini, lanjut Adnan, adalah bagian dari program Pemkab Gowa pada tahun 2020. Dimana pada tahun 2020 ini, Pemkab Gowa menetapkan sebagai tahun keagamaan yang didukung dengan berbagai program keagamaan sebagai upaya menciptakan sumber daya manusia yang berlandaskan iman dan taqwa.

Adnan memaparkan, beberapa program keagamaan yang dicanangkan Pemkan Gowa pada tahun 2020 ini adalah membangun Rumah Tahfidz, mencetak satu hafidz satu kelurahan dan desa, dan menjadikan imam kelurahan, imam desa, imam dusun dan imam lingkungan untuk menjadi penghafal Al-Qur’an.

“Pemerintah Kabupaten Gowa menjadikan tahun 2020 ini sebagai tahun keagamaan. Tahun keagamaan yang kita canangkan pada tahun ini tiada lain karena adanya beberapa program-program keagamaan yang akan kita laksanakan dan lakukan di wilayah kabupaten. Salah satunya adalah pelaksanaan MTQ,” ujarnya.

Olehnya itu, orang nomor satu di Kabupaten Gowa itu berharap, MTQ yang dilaksanakan ini akan mencetak orang-orang yang akan mewakili Kabupaten Gowa untuk bisa menjadi juara pada MTQ yang dilaksanakan di tingkat Provinsi Sulsel.

“Mudah-mudahan dengan pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten ini, dewan hakim akan melaksanakan tugasnya untuk menyeleksi mana yang terbaik untuk mewakili Kabupaten Gowa pada MTQ tingkat Provinsi Sulsel di Kabupaten Pangkep pada Agustus mendatang, dan bisa mendapatkan juara serta juga bisa lebih baik lagi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” harapnya.

Reporter :

Editor :

Redaksi

Daus

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI