Kejurnas Panjat Tebing, Atlet Sulsel Rebut Satu Medali 

Kabar Makassar, Jogja — Atlet panjat tebing Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Sulawesi Selatan Hermawan berhasil mengalungkan medali perunggu pada Kejuaraan Nasional XVI 2017 di Spot Climbing Stadion Mandala Krida, Jogjakarta. Event ini berlangsung sejak 20 November lalu.

Dari semua kategori yang dipertandingkan, termasuk kategori olympic combined kontingen FPTI Sulsel mampu mencuri perhatian. Apa lagi mereka sebenarnya bersaing dengan atlet-atlet penghuni Pelatihan Nasional (Pelatnas) persiapan Sea Games dan Asian Games.

FPTI Sulsel mengirim 10 atletnya, yakni Hermawan, Gilang Alif Ramadhan, Syahrul Ramadhan, Rahmat. Selanjutnya atlet putri yakni Nurfajrin, Alivanny Ver Khadijah, Nurul Magfirah, Syamsinar, Suriani Rasyid dan Yulianti.

Ketua Harian FPTI Sulsel Anjar Wijaya mengatakan dengan semangat ‘Ewako’ yakni semangat pantang menyerah, atlet Sulsel mampu memperlihatkan hasil yang maksimal. Terbukti di beberapa kategori berhasil menembus babak semifinal sampai final yang di tahap ini peserta sudah didominasi atlet Pelatnas Sea Games dan Asian Games.

Baca juga :   Prestasi Bulutangkis Indonesia Menurun, Owi/Butet Penyelamat

“Heri — sapaan Hermawan — mampu mempersembahkan medali perunggu pada kategori speed track setelah bersaing ketat dengan atlet pelatnas, ” kata Anjar, Jumat (24/11/2017).

Sementara atlet putri Sulsel, seperti Nurul Magfirah dan Syamsinar yang berlaga di katogori lead perorangan juga sukses masuk di babak final. Nurul berada di peringkat 10 setelah bersaing ketat dengan atlet-atlet senior dari provinsi lain.

Atlet muda potensial Sulsel Alivanny juga mampu memperlihatkan prestasi yang mengagumkan di kategori speed track putri dengan torehan waktu 9,4 dan berhasil ke semi final. Kategori ini masih didominasi atlet senior dan atlet pelatnas.

Pada kategori lainnya Nurfajrin Kahir, Gilang Alif Ramadhan dan Syahrul Ramadhan juga mampu bersaing ketat hingga berhasil lolos ke semifinal.

Baca juga :   FOTO: Para Pemain Persiba Berlatih di Stadion Mattoangin

Kategori olympic games, yang akan dipertandingan di olympiade, lanjut Anjar, atlet Sulsel juga berhasil lolos kualifikasi dan lolos ke babak berikutnya.

“Gilang, Syahrul, Nurul, Suriani dan Yulianti sisa menyelesaikan speed wr dan menuju babak final, ” kata Anjar.

Menurutnya walau dengan persiapan yang minim, namun Sulsel mampu dipehitungkan oleh kontingen lainnya.

Ketua FPTI Sulsel Imam Subekti menyambut gembira atas torehan 10 atlet panjat tebing Sulsel yang dikirim ke Kejurnas ini. Menurutnya prestasi ini bisa menjadi pemacu dalam pembinaan atlet berikutnya.

“Insyaallah pada event-event berikutnya Sulsel kita harapkan atlet kita mampu mempersembahkan prestasi yang lebih mengagumkan. Bidang Pembinaan dan Prestasi FPTI Sulsel berharap Insyaallah dengan program pembinaan yang akan di laksanakan oleh Pengprov dan Pengkab kedepan lebih bisa memperlihatkan hasil, ” kata Imam.

Baca juga :   Pertama di Indonesia, Walikota Ini Perkenalkan Futsal Terapung

Makskmal, kata dia, salah satu yang dicanankan dan sudah berjalan adalah pembinaan atlit usia dini, peningkatan kualitas juri dan pembuat jalur, sertifikasi pelatih dan juri serta peningkatan sarana dan prasarana.

Atlet-atlet muda seperti Rahmat Usman, Gulang, Syahrul Ramadhan, Alivany, Nurul, Suriani dan Yulianti diharapkan untuk tidak berhenti dan harus terus berlatih. “mengikuti dan menjalankan program latihan dengan disiplin, ” kata Imam.

Saat ini sementara berlangsung kategori perorangan Speed WR putra putri. Ada Hermawan dan Rahmat Usman yang masih berpeluang ke babak berikutnya demikian pula Alivany, Nurul dan Yulianti.