Kejar Target KEK, Bupati Ini Studi Banding Ke Mandalika

Kunjungan kerja Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali bersama pengurus Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Selayar saat melakukan studi banding ke Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (17/12/2017). [Foto: Harlink]

KabarMakassar.com — Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali bersama Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Selayar memimpin langsung studi banding ke Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Studi Banding yang berlangsung hampir sepekan itu dilakukan untuk membangun komunikasi, jaringan informasi dan promosi pariwisata dalam rangka mendorong penguatan proses pengusulan pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Diketahui, Kabupaten Lombok Tengah dikenal sebagai salah satu Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata percontohan di Indonesia.

Dalam study banding kali ini, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar bertemu langsung dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah dan Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sebagai BUMN pengelola dan pengembangan KEK Mandalika.

Tidak hanya itu, rombongan yang diboyong langsung oleh Bupati Kepulauan Selayar ini juga melakukan pertemuan serta diskusi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Baca juga :   Foto : Santap Siang Kedua DP di Polda Sulsel

Terkait itu, Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali menyampaikan bahwa study banding itu dilakukan karena adanya rencana daerah yang dipimpinnya dijadikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

“Tujuan adalah untuk belajar bagaimana cara mengelola pariwisatanya karena kita melihat di Lombok ini perkembangan sektor pariwisatanya sangat pesat,” kata Bupati Selayar Basli Ali, Minggu 17 Desember 2017.

Kedatanganya bersama rombongan, lanjutnya guna mengetahui lebih jauh apa yang menjadi perhatian utama Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah sehingga mampu menjadikan daerahnya sebagai salah satu Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata di Indonesia.

Baca juga :   Kemendagri: Kerjasama Pemprov dan DPRD Sulsel Sangat Baik

“Jadi, Kita datang untuk berbagi pengetahuan tentang pariwisata terutama untuk mengetahui langkah dan upaya serta proses menjadi kawasan ekonomi khusus pariwisata dapat kami ketahui,” jelas Basli Ali.

Dengan demikian, Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar berharap adanya kerjasama dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC ) dalam pengembangan KEK Pariwisata di masa yang akan datang.

Sekedar diketahui, berdasarkan informasi yang dihimpun Kabarmakassar.com, dalam pertemuan penting itu, ada beberapa hal yang menjadi fokus pembahasan, diantaranya mekanisme koordinasi lintas sektoral dalam mewujudkan KEK, regulasi terkait pembebasan lahan di KEK, pembagian tanggung jawab pembangunan infrastruktur di dalam dan di luar KEK serta mekanisme pendanaannya, dan fasilitas dan insentif yang diberikan kepada investor dan pengelola KEK.

Baca juga :   Polda, TNI dan Pemprov Sulsel Gelar Pasar Murah

Adapun yang menjadi perhatian BPPD di antaranya adalah prosedur perizinan oleh Administrator, pendapatan dari pengelolaan KEK, serta sektor industri yang dikembangkan di KEK Pariwisata.

Kemudian, untuk melihat pengalaman pengembangan KEK Pariwisata di Lombok, Tim study banding Selayar bersama Kepala Administrator KEK Mandalika melakukan kunjungan ke sejumlah tempat wisata, diantaranya Kawasan Mandalika dan Desa Wisata. (*)

Penulis Suharlim Syamsuddin