Kejadian Bersejarah di Bulan Oktober

allfreecalendarprint.com
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Kabar Makassar– Peristiwa penting bagi rakyat Indonesia tidak hanya terjadi pada bulan Agustus saja tapi juga terdapat peristiwa-peristiwa penting di bulan-bulan lainnya, seperti beberapa peristiwa penting yang terjadi di bulan Oktober.

Berikut beberapa kejadian penting di sepanjang bulan Oktober:

1 Oktober, diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila
Keberhasilan Tentara Nasional Indonesia dan rakyat dalam mematahkan dan menumpas aksi G30S/PKI pada tanggal 1 Oktober, membuktikan bahwa Ideologi Pancasila tidak mampu dilawan oleh kekuatan komunis yang berusaha merongrong dan meruntuhkan semangat pancasila di dalam jiwa rakyat Indonesia.

Saat ini secara spontan, rakyat bangkit untuk membela pancasila dari ancama PKI, karena kekuatan pancasila ini maka pada 1 Oktober ditetapkan sebagai hari Kesaktian Pancasila.

2 Oktober, Hari Batik Nasional dan Hari Batik Dunia
Batik adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Selain itu, batik juga bisa mengacu pada dua hal, yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain.

Dalam literature internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing. Pengertian kedua adalah akain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif motif tertentu yang memiliki kekhasan.

Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait oleh UNESCO telag ditetapkan sebagi Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009.

4 Oktober, Hari Hewan Sedunia
World Animal Day, dirayakan setiap tanggal 4 Oktober, hari ini merupakan hari besar Francis of Assisi, pencinta alam dan binatang. Dalam hal ini misi dari Hari Hewan sedunia antara lain yaitu untuk menghargai semua jenis hewan, mengetahui jenis cara binatang bermain dalam hidup kita, serta untuk mengetahui dan berterima kasih karena hewan telah memperkaya hidup manusia.

5 Oktober, Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI)
Tentara Nasional Indonesia (TNI) lahir dalam kancah perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Belanda yang berambisi untuk menjajah Indonesia kembali melalui kekerasan senajata.

TNI merupakan perkembangan organisasi yang berawal dari Badan Keamanan Rakyat (BKR), Selanjutnya pada tanggal 5 Oktober 1945 menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dan untuk memperbaiki susunan yang sesuai dengan dasar militer internasional dirubah menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI).

Dalam perkembangan selanjutnya usaha pemerintah untuk menyempurnakan tentara kebangsaan terus berjalan, seraya bertempur dan berjuang untuk tegaknya kedaulatan dan kemerdekaan bangsa.

Untuk mempersatukan dua kekuatan bersenjata yaitu TRI sebagi tenara regular dan badan badan perjuangan rakyat, maka pada tangga 3 Juli 1947 Presiden mengesyahkan dengan resmi berdirinya Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Selain itu, tanggal 5 Oktober juga diperingati sebagai Hari Guru Sedunia. Diseluruh dunia memperingati Hari Guru Sedunia, tanggal 5 Oktober adalah hari dimana dikeluarkannya Recommendation Concerning the Status of Teachers oleh UNESCO dan ILO dalam sebuah konferensi khusus anatara pemerintah tepatnya tahun 1966.

8 Oktober, Hari Tata Ruang Nasional
Peringatan Hari Tata Ruang Nasional di Indonesia yang diperingati pada tanggal 8 Oktober diadopsi dari World Town Planning Day atau Hari Perencanaan Kota Dunia yang diawali tahun 1949 di Argentina.

Hari Tata Ruang Nasional mulai diperingati pada tahun 2008, dan untuk kali pertamanya diselengggarakan bersamaan dengan peringatan World Town Planning Day tahun 2008.

Hal ini dikaitkan dengan keinginan Indonesia untuk mencapai ruang yang lebih berkualitas melalui perubahan kulture dan etika dalam pembangunan yang ada pada dasaranya sejalan dengan tujuan peringatan World Town Planning Day (WTPD) di 30 negara lainnya.

9 Oktober, Hari Pos Dunia
World Pos Day dirayakan setiap tanggal 9 Oktober, untuk merayakan ulang tahun dari Universal Postal Unio pada tahun 1874 di Swiss. Deklarasi World Post Day dilakukan dalam kongres UPU yang diadakan di Tokyo, Jepang pada tahun 1969.

Sejak saat itu, negara negara diseluruh dunia merayakannya, perayaan biasanya diisi dengan memperkenalkan dan mempromosikan produk layanan terbatu Pos.

10 Oktober, Hari Kesehatan Jiwa Sedunia
World Mental Health Day merupakan hari bagi pendidikan global kesehatan jiwa, termasuk pemberian penghargaan dan apresiasi bagi penderita kesehatan jiwa. Pertama kali diadakan pada tahun 1992 atas insiatif World Federation for Mental Health, Sebuah Organisasi global kesehatan jiwa dengan anggota lebih dari 150 negara.

14 Oktober, Hari Penglihatan Sedunia
Katarak hingga jini masih dianggap sebagai salah satu penyebab paling menakutkan dari kebutaan yang diderita orang diseluruh dunia. Hingga tahun 2003 lalu diperoleh data hampir 50 pesen penyebab kebutaan dunia dikarenakan penyakit ini.

Jumlahnya yang terus meningkat setiap tahunnya makin memperkecil prediksi penglihatan yang sehar untuk seluruh dunia yang ditetapkan WHO pada tahun 2020 nanti. Namun, kenyataan yang adal didunial malah menunjukkan kemirisan.

Tercatat hingga tahun 200 lalu terdapat 45 juta orang didunia yang menderita penyakit ini, dan grafik pertumbuhan dari penyakit ini terus menunjukkan peningkatan setiap tahunnya. Karena menilik keterancaman tersebut, maka tak salah bila WHO (Badan Kesehatan Dunia) menetapkan program vision hingga tahun 2020 nanti.

Program ini dimaksudkan untuk menekan jumlah orang buta seminimal mungkin, Hal ini dianggap penting karena bila satu orang menderita kebutaan maka ada dua orang yang menurun produktifitasnya. Menyangkut hal itu pula, maka WHO menetapkan tanggal 14 Oktober sebagai Hari Penglihatan Sedunia, sebagai salah satu upaya perhatian mereka terhadap masalah yang satu ini.

15 Oktober, biasanya diperingati sebagai Hari Wanita Pedesaan Sedunia
Ide dibalik munculnya gagasan memperingati World Rural Women’s Day adalah untuk menghargai wanita pedesaan yang mengadakan konferensinya di Beijing pada September 1995. Organisasi yang berjasa di balik munculnya ide World Rural Women’s Day, diantaranya Internasional Fedration of Agricultural Producers (IFAP), Associated Country Women of the World (ACWW), Network of African Rural Women Associations (NARWA), dan Women’s Summit Fundation (WWSf).

Beberapa fakta penting tentang wanita pedesaan antara lain:

– Wanita pedesaan, terutama petani pelingtidak sejumlah 1,6 miliar dan merepresentasikan lebih dari seperempat populasi dunia.

– Wanita memproduksi rata rata lebih dari setengah jumlah makanan yang tumbuh: lebih dari 80 persen di Afrika, 60 persen di Asia, antara 30 hingga 40 persen di Amerika Latin dan negara Barat.

– Wanita tersebut hanya 2 perseb yang memiliki lahan dan hanya menerima 1 persen dari hasil pertanian.

– Hanya 5 persen dari hasil pertanian yang kembali ke wanita.

– Wanita adalah 2 dari 3 penduduk yang sakit.

– Jumlah wanita pedesaan yang hidup dalam kemiskinan telah menjadi dua kali lipat sejak tahun 1970.

16 Oktober, Hari Pangan Sedunia
Masalah rawan pangan merupakan masalah kronis yang dihadapi oleh bangsa bangsa di dunia, terutama di negara berkembang seperti Indonesia. Faktor penyebab timbulnya masalah rawan pengan antara lain: lebih cepatnya laju pertumbuhan penduduk dari pada tingkat pertumbuhan produksi pangan, bencana alam, perubahan iklim dan kemunduran sumberdaya alam dan lingkungan .

Berkenaan dengan hal tersebut FAO pada Konferensi FAO bulan Nopember 1970 di Roma mencetuskan resolusi no. 197 yang disepakati oleh semua negara anggota FAO termasuk Indonesia, yang menetapkan untuk memperingati World Food Day (Hari Pangan Sedunia) mulai tahun 1981 setiap tangga 16 Oktober, sesuai hari didirikannya FAO.

17 Oktober, Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional
Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional diperingati untuk mengigatkan, menagih janji dan menuntuk keadilan kpada para pemimpin dunia, baik yang berasal dari negara maju maupun yang berasal dari negara berkembang.

Para pemimpin negara negara maju telah sepakat untuk menghapuskan, setidak tidaknya mengurangi beban utang negara negara berkembang agar setiap sen usaha keringat bangsanya bisa dipergunakan untuk upaya pengkatan derajat kesehatan, pengkatan cakupan dan mutu pendidikan, memberikan kesempatan warga negaranya utnuk membangun usaha yang bisa menopang kehidupan yang lebih sejahtera dan akhirnya mengentaskan kemiskinan, menghilangkan kesenjangan dan membangun keluarga yang sejahtera.

18 Oktober, Hari Perpustakaan Sekolah Internasional
Internasional School Library Day dicanangkan oleh Presiden IASl, Dr Blanche Woolls, dan ditegaskan kembali oleh Presiden IASL, Peter Genco pada tahun 2005. Hari Perpustakaan Sekolah Internasional pertama kali diadakan pada 18 Oktober 1999 dengan tema,”A Day in the Life….”

20 Oktober, Hari Osteoporosis Sedunia
Hari Osteoporosis Sedunia (World Osteoporosis Day) diprakarsai oleh Federasi Osteoporosis Internasional (IOF). Organisasi ini merupakan organisasi internasional non-pemerintah yang didaftarkan di Berne, Swiss pada tahun 1987 sebagai Yayasan Osteoporosis Eropa (EFFO). MIsi IOF adalah untuk meningkatkan pemahaman akan osteporosis dan untuk mempromosikan pencegahan, diagnosis dan perawatan penyakit tersebut diseluruh dunia.

24 Oktober, Hari Ulang Tahun Perserikatan Bangsa-Bangsa
Perserikatan Bangsa Bangsa atau disingkat PBB adalah sebuah organisasi internasional yang anggotanya hampir seluruh negara di dunia.

Lembaga ini dibentuk untuk memfasilitasi dalam hukum internasional, pengamanan nasional, lembaga ekonomi dan perlindungan sosial. PBB didirikan di San Francisco pada Oktober 1945 setelah Konferensi Dumbarton Oaks di Washington, DC, namun Sidang Umum yang pertama dan dihadiri wakil dari 51 negara.

Dan berlangsung pada 10 Januari 1946 (di Church House, London). Dari 1919 hingga 1964, terdapat sebuah organisasi yang mirip bernama Liga Bangsa Bangsa, yang dianggap sebagai pendahulu PBB. Sejak didirikan di San Francisco pada 24 Oktober 1945 sedikitnya 191 negara menjadi anggota PBB.

Semua negara yang tergabung dalam wadah PBB menyatakan independensinya masing masing, selain Vatikan dan Takhta Suci serta Republik China (Taiwan) yang tergabung dalam wilayah RRC pada 1971.

27 Oktober, Hari Listrik Nasional
Sejarah Ketenagalistrikan di Indonesia dimulai pada akhir abad ke-19, ketika beberapa perusahaan Belanda mendirikan pembangkit tenaga listrik utnuk keperluan sendiri. Pengusahaan tenaga listrik tersebut berkembang menjadi kepentingan umum, diawali dengan perusahaan swasta Belanda yaitu NV, NIGM yang memperluas usahaya dari hanya dibidang gas ke bidang tenaga listrik.

Selama Perang Dunia II berlangsung, perusahaan perusahaan listrik tersebut dikuasai oleh Jepang dan setelah kemerdekaan Indonesia,m pada yanggal 17 Aguastus 1945 perusahaan perusahaan listrik tersebut direbut oleh pemuda pemuda Indoensia pada bulan September 1945 dan diserahkan kepada Pemerintah Republik Indonesia. Dan pada tanggal 27 Oktober 1945 Presiden Soekarno membentuk Jawatan Listrik dan Gas dengan kapasitas pembangkit tenaga listrik hanya sebesar 157,5 MW saja.

28 Oktober, Hari Sumpah Pemuda
Sumpah Pemuda merupakan sumpah setai hasil rumusan Kerapatan Pemoeda Pemoedi Indoensia atau dikenal Kongres Pemuda II, dibacakan pada 28 Oktober 1928. Tanggal ini kemudian diperingati sebagai “Hari Sumpah Pemuda”.

30 Oktober, Hari Keuangan
Segera sesudah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945 diumumkan, pemerintah Republik Indonesia memandang perlu untuk mengeluarkan uang sendiri. Uang tersebut, bagi pemerintah tidak sekedar sebagai alat pemabayaran semata mata, tetapi juga berfungsi sebagai lambang uatama suatu negara merdeka, sebagai alat untuk memperkenalkan diri kepada khalayak umum.

Pada saat itu, pada awal pemerintahan Republik Indonesia keadaan ekonomi moneter Indonesia sangat kacau. Inflasi hebat bersumber pada kenyataan beredarnya mata uang penduduk Jepang yang diperkirakan berjumlah 4 milyar.

Untuk menggantikan peran uang asing tersebut, dibutuhkan mata uang sendiri sebagai alat pembayaran dan digunakan oleh rakyat Indonesia dari masa ke masa sebagai alat pertukaran, pembayaran dan sebagai alat pemuasa kebutuhan yang sah.

Maka pada tanggal 30 Oktober 1964, pemerintah Indonesia merdeka menyatakan hari tersebut adalah hari bersejarah bagi bangsa Indoensia sebagai tanggal beredarnya Oeang Repoeblik Indonesia (ORI). Pada hari itu juga dinyatakan bahwa uang Jepang dan uang Javasche Bank tidak berlaku lagi.

Sumber: www.pnri.go.id
Foto: Int.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.