news

Kecamatan Sangkarang Butuh TIC Khusus Bahari

Kecamatan Sangkarang Butuh TIC Khusus Bahari

Kabar Makassar --- Kecamatan Sangkarang, Kota Makassar yang memiliki sembilan pulau membutuhkan perhatian khusus dalam pengembangan wisata bahari yang akan menjadi icon daerah ini.

Menurut Pengurus Badan Promosi Pariwisata Makassar (BP2M) Kwandy Salim daerah kepulauan di Makassar membutuhkan perhatian khusus apalagi daerah ini memiliki potensi untuk pengembangan marine tourism atau wisata bahari.

"Beberapa pulau membutuhkan dermaga yang layak. Sehingga warga maupun wisatawan bisa nyaman berkunjung ke daerah-daerah pulau. Begitu pun dengan sampah. Perlu dikelola secara baik," ucap Ketua PHRI Kota Makassar ini saat menghadiri Rapat Koordinasi Pembangunan Pariwisata Kota Makassar di Quality Hotel Makassar Kamis, 26 Oktober 2017.

Hal senada juga disampaikan Ketua Makassar Tourism Community, Irham Samad yang memberikan usulan agar papan petunjuk arah maupun informasi destinasi menarik ditonjolkan di kecamatan yang baru terbentuk itu. "Komunitas kami yang terdiri dari berbagai elemen anak muda siap membantu pemerintah dan instansi lainnya mengelola Tourism Information Centre atau TIC. Pulau-pulau di Sangkarang butuh papan informasi dan peta wisata yang bisa menjadi petunjuk arah bagi wisatawan," ujarnya.

Merespon masukan itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar, Andi Hadijah Iriani akan menindaklanjuti usulan dan masukan stakeholder agar koordinasi dengan berbagai pihak bisa berjalan sesuai dengan susunan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Makassar.

"Kendala Dinas Pariwisata Kota ketika mengembangkan wisata pulau dan perairan, tidak bisa berbuat banyak mengingat kewenangan pengelolaan wisata pulau dan pantai ada pada Dinas Pariwisata Provinsi Sulsel," ucapnya.

Dia berharap, inventarisir permasalahan yang terjadi bisa menjadi solusi dengan koordinasi antar lembaga dan instansi terkait lainnya. "Permasalahan-permasalahan ini segera kami rumuskan dan akan menjadi agenda penting dalam pengembangan pariwisata kota," ujarnya.

Rapat Koordinasi Pembangunan Pariwisata ini juga dihadiri Kepala Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulsel Andi Januar Jaury Darwis, Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar Rusmayani Madjid, Kabid Pengembangan Usaha Pariwisata Makassar Andi Karunrung, Camat Sangkarang Firnandar Sabara, Pengurus BP2M Dede Leman dan sejumlah pimpinan institusi terkait lainnya.

Caption Foto : Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar Rusmayani Madjid (kiri-kanan) bersama Kepala Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulsel Andi Januar Jaury Darwis dan Kabid Pengembangan Usaha Pariwisata Makassar Andi Karunrung saat menjadi pembicara dalam Rapat Koordinasi Pembangunan Pariwisata di Hotel Quality Makassar Kamis (26/10/2017). Dok.KM

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close
%d bloggers like this: