Kasus Narkoba Polres Pelabuhan Makassar Capai 103 Laporan

KabarMakassar.com — Polres Pelabuhan Makassar menggelar press rilis terkait hasil kinerjanya selama tahun 2017.

Press rilis tersebut berlangsung di Kantor Polres Pelabuhan Kota Makassar, Jalan Benteng Somba Opu, Sabtu, 30 Desember 2017.

“Rilis ini menjadi cerminan diakhir tahun 2017 untuk dapat meningkatkan kinerja Kepolisian Polres Pelabuhan Kota Makassar selama tahun 2018 mendatang,” kata Kapolres Pelabuhan Makassar, AKBP Aris Bachtiar.

Menurutnya, hasil tangkapan dan barang bukti yang telah diamankan Polres Pelabuhan merupakan bentuk informasi yang harus disampaikan kepada masyarakat luar agar kasus yang terjadi di sekitar Wilayah Hukum Kepolisian Pelabuhan Kota Makassar dapat diminimalisir sekaligus untuk meningkatkan kinerja kepolisian pada tahun 2018 medatang.

Baca juga :   Komeng, 10 Tahun Menderita Gizi Buruk

“Ini akan menjadi spirit kinerja Polres Pelabuhan Makassar ditahun 2018. Sebagaimana capaian kami selama 2017 kemarin, Insya Allah kedepan jauh lebih baik,” ungkap AKBP Aris.

Terkait hasil kinerja kepolisian Pelabuhan Makassar selama 2017, pihaknya mengakui tahun ini terjadi penurunan dari segi kuantitas jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Hal itu terbukti dalam laporan polisi selama 2017 ada sebanyak 620 kasus. Sedangkan pada tahun 2016 lalu sebanyak 809 laporan polisi.

Sementara itu, untuk penyelesaian perkara di tahun 2017 terdapat 356 perkara atau 57% yang dapat diselesaikan. Namun jika dibandingkan dengan tahun kemarin juga terjadi penurunan dalam penyelesaian perkara yakni sebanyak 568 perkara dari 809 laporan polisi.

Baca juga :   Kasus Penimbunan Pasar Karisa Belum Jelas

“Pada umumnya, selama 2017 kasus-kasus cenderung menurun, misalnya kasus curanmor, di mana tahun ini sebanyak 32 kasus dan tahun lalu ada 91 kasus” jelas Aris.

Selain itu, untuk kasus narkoba yang selalu menjadi perhatian kepolisian selama 2017, Polres Pelabuhan Makassar menerima laporan polisi sebanyak 103 dengan jumlah tersangka 112 untuk laki-laki dan 17 untuk pria.

“Kasus narkoba ini, kita terus melakukan penyilidikan. Secara umum memang peredarannya masih ada makanya kita terus melakukan penyelidikan,” tutur Kapolres Pelabuhan Makassar, Aris Bachtiar.

Baca juga :   Kapolda Sulsel: Pelaku Pelemparan Bom Mercon Polsek Bontoala Susah Terungkap

Sekedar diketahui juga bahwa selama 2017 Polres Pelabuhan terus melakukan disiplin terhadap anggota kepolisian. Hal itu terbukti dengan adanya 8 orang personilnya yang harus disidang disiplin.

“Ada 8 orang anggota kami yang terjadi disiplin, 4 sudah disidang, 4 orangnya sementara berproses,” pungkasnya. (*/enr)

Penulis Suharlim Syamsuddin