Kantor Berita Digital 2025

Gubernur Sulsel, Syahrul YL foto Bersama CEO PT. KGI, Upi Asmaradana [Foto: Imran Alrief]

Kabar Makassar– Pada tahun 2025, “KabarMakassar” akan menjadi kantor berita nasional berbasis digital dan kantor pusatnya di Makassar. Ini mengandung makna, informasi tidak harus datang dari Jakarta, tetapi bersumber dari Makassar. Selama ini semua berita itu, dikemas di Jakarta.

“Kami ingin menyampaikan perspektif yang berbeda tentang Indonesia. Salah satu cara yang ditampilkan adalah memunculkan sumber-sumber dari daerah,” kata Upi mengutip apa yang disampaikannya ketika launching “KabarJakarta” yang juga dihadiri Menkominfo Rudiantara.

Pada usia ke-8 ini, “KabarMakassar.com” baru membuka tujuh cabang, yakni, Kendari, Manado, Medan, Papua, Jakarta (perjuangannya cukup berat), dan Australia.

“Pada tanggal 29 Agustus 2025 (Inshaa Allah), kita akan memiliki kantor berita berbasis digital berpusat di Makassar,” sebut Upi.

Pada tahun 2018, KM baru akan memiliki tiga portal yakni di Kalimantan, dan Mataram. Harapannya, sumber-sumber informasi itu akan muncul dari daerah. Sehingga, Jakarta tidak akan menguasai informasi. Jika, kita hendak membangun peradaban Indonesia dari Sulawesi Selatan, ini merupakan bagian dari mimpi seorang gubernur.

Baca juga :   Demi Bertemu JK, 24 Warga Pingsan Akibat Kelelahan

Jika ingin membangun peradaban, salah satu yang harus dibangun adalah bagaimana membangun media. Dan, itu bisa diterjemahkan dengan baik melalui kolaborasi.

“Ini bukan sebuah mimpi, melainkan satu fakta yang harus kita perjuangkan. Dengan semangat yang ada kita bisa merebut informasi agar “KabarMakassar” memiliki sesuatu yang baik bagi Indonesia,” ujar pejuang pers tersebut.

Upi juga memperkenalkan sejumlah produk KGI, selain “KabarMakassar.com”, juga meluncurkan “kabarVideo.com”. Ini didasarkan pada pemikiran bahwa survei menyebutkan, konsumsi media sosial terbanyak adalah video. Diharapkan melalui video ini dapat diperoleh informasi yang faktual lebih menyeluruh dan dibutuhkan masyarakat.

Baca juga :   Kandungan Detonator Berbahaya, Ini Penjelasan Kabid Humas Polda Sulsel

“Selain KabarVideo, kami juga sedang memperbaiki konten “KabarAustralia”, sehingga kerja sama dengan ABC Plus Australia bisa terwujud. KabarAustralia ini kelak akan menjadi edisi Inggris KGI. Sehingga, konten-konten dari daerah dapat dipromosikan secara internasional,” ujarnya.

Pada tahun 2020, KGI akan masuk “kabarAmerika” dan “KabarEropa”. Ini perjuangan yang luar biasa berat, tetapi Upi percaya, tidak ada yang bisa meluluhkan sesuatu selain keyakinan.

“Kami yakin, dengan cita-cita yang baik bisa menghadirkan sesuatu yang penting buat masyarakat Indonesia,” papar Upi sambil menambahkan, peringatan HUT ini juga dirangkaikan dengan rapat kerja “KabarGroup” dengan sumber daya manusia yang terbatas namun memiliki cita-cita yang luar biasa.

Bertepatan HUT kali ini juga diberikan penghargaan kepada mereka yang telah berkontribusi bagi kemajuan Sulawesi Selatan. Penghargaan ini didedikasikan dengan tema bahwa tahun ini ingin memberi perpektif bahwa keberagaman menjadi persoalan serius bagi negara ini.

Baca juga :   Sigap Tanggap Keluhan Genangan ala Dinas PU Makassar

Ternyata, di Makassar dan Sulawesi Selatan isu tentang agama dan toleransi itu luar biasa dihargai. Dan, nyaris tidak ada riak-riak seperti yang terjadi di
daerah lain. .

HUT ini juga disertai penandatanganan nota kesepahaman antara KGI diwakili Upi dengan Badan Promosi Pariwisata Daerah yang diwakili Jaury Yanwar disaksikan Gubernur Syahrul Yasin Limpo.(mda).

Foto: Imran Alrief

[divider sc_id=”sc568379551391″]divider-3[/divider]