Kampus UIT Menciptakan Sejarah

Kampus UIT Menciptakan Sejarah

Kampus UIT Menciptakan Sejarah

Kabar Makassar -- Membaca arah perpecahan organisasi kemahasiswaan di periode Jokowi-JK membuat kita prihatin. BEM Nasional di jaman Presiden SBY, kini terbelah menjadi BEM Nasional dan BEM RI, yang kini menjadi tamu kita adalah BEM RI.

BEM Nasional kini melebarkan sayap menarik elemen Buruh dan LSM untuk menekan pemerintah di 3 tahun jalannya kabinet. Fakta kesulitan ekonomi menjadi inspirasi pergerakan mereka. Tentulah ini tidak bisa dinggap remeh, karena sejarah membuktikan bahwa "perut lapar" bisa bikin revolusi.

Kembali ke BEM RI, dalam dinamika kampus memang selalu tercipta 2 kutub besar, dan saat ini kita tidak hanya berhadapan dengan 2 kutub ini saja, sebab pada sebahagian besar wilayah, isu regional bahkan domestik kampus ikut menciptakan ketegangan yang tak produktif bagi iklim akademik.

Saya prihatin dan kasian pada anak2 kita yang kini di kampus dan sedang memainkan berbagai peran mereka sebagai anak2 unggul pada zamannya. Saat ini mereka hadir dari kurang lebih 150 kampus dari seluruh Indonesia, dalam rumah kita bernama UIT.

Jika Allah berkenan, salah satu dari kedua kutub ini akan dominan, dan lainnya akan menjadi oposan. Entah ini diperhitungkan pemerintah Jokowi-JK atau tidak, dalam konteks menormalkan kehidupan kampus yang kian kompleks.

Kini bola besar BEM RI ada di tangan kita, sebagai tuan rumah, di kawasan timur, tidak lazim kampus swasta memainkan bandul ini. Seperti pengalaman sejarah, kampus negeri semisal Unhas dan IKIP kini UNM, acapkali menjadi wadah gerakan kebangkitan lembaga kemahasiswaan kaitannya dengan momentum pergerakan kemahasiswaan.

Semoga anak2 kita yang kini tengah berproses dalam arus putaran besar, mampu memainkan perannya dengan baik. Semoga mereka bisa memunculkan peluang pergerakan dari kawasan timur.

Semoga mereka dikaruniai kekuatan untuk memberi warna bagi sejarah pergerakan kampus di masa depan. Mungkin tidak kebetulan itu dimulai dari kampus yang tidak terlalu diperhitungkan secara nasional, bernama Universitas Indonesia Timur (UIT).

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close
%d bloggers like this: