Kalah Telak, Mundurnya Performa PSM di Laga Tandang

Fritz W
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Kabar Makassar — Ketatnya persaingan di klasemen sementara Liga 1 Indonesia membuat skuat asuhan Robert Rene Alberts harus bergeser dari empat besar. Kekalahan dari Bali United 3-0 di stadion Kapten I Wayan Dipta membuat PSM Makassar kembali kehilangan poin dan keluar dari zona empat besar Klasemen sementara Liga 1 Indonesia.

Melakoni laga tandang tim berjuluk “Juku Eja” ini menambah rekor buruk saat bermain di laga tandang yang dilakoninya. Seakan tim ini dinilai jago kandang.

Tidak belajar dari hasil seri saat menjamu Barito Putra 1-1 beberapa waktu lalu di stadion Mattoangin, juru taktik PSM Makassar kembali melakukan strategi yang kurang menguntungkan bagi PSM Makassar. Bukan alasan jika dua pilar mereka tidak dimasukkan karena cedera dan juga sanksi, yakni Steven Paulle dan Hamka Hamzah. Pasalnya bek tangguh PSM Makassar lainnya sudah kuat, seperti Ardan Aras, Hendra Wijaya dan Zulkifly Syukur. Hanya saja racikan Robert berubah-ubah sehingga membuat pemain kehilangan posisi sebenarnya.

Tiga gol untuk Bali United diawali dari handball Reva Adi Utama di pertahanan PSM Makassar, sepakan Marcos Abel Flores di menit ke-58. Pertandingan cukup keras, sejumlah pemain baik dari Bali United maupun PSM Makassar mendapatkan kartu kuning, dan hingga Marc Anthony Klok diusir wasit (Kartu merah) karena mengganjal keras pemain Bali United.

Kehilangan konsentrasi PSM Makassar kembali dibobol melalui umpan dari Miftahul Hamdi kepada Sylvano Comvalius berbuah gol di menit ke-73′. Tak mau ambil resiko skuat PSM Makassar mengganti Reva Adi Utama dan memasukkan Titus Bonai, bukannya balik menyerang lawan, PSM malah kembali kebobolan melalui gol pemain muda Bali United, Miftahul Hamdi di menit ke-88.

Skor 3-0 di Stadion Kapten I Wayan Dipta membuat PSM Makassar harus rela kehilangan poin, dan terdepak dari posisi teratas. Dimana beberapa pekan lalu, PSM Makassar menguasai puncak klasemen sementara Liga 1 indonesia.

Hasil Pertandingan Bali United vs PSM Makassar;

Skor 3-0

Gol:
– Marcos Abel Flores 58′
– Sylvano Comvalius 73′
– Miftahul Hamdi 88′

Kartu Kuning: Agus Nova, Van Der Valden, Marcos Abel Flores, Marc Klok (akumulasi), Zulkifly Syukur.
Kartu Merah : Marc Anthony Klok.

Hasil tersebut menempatkan PSM Makassar di posisi ke-5 dengan torehan poin 28. Dibawah satu strip dari Bali United dengan 29 poin di pekan ke-16 Liga 1 Indonesia.

Coach Robert Salah Racik

Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Albert melihat jika pertarungan di pekan ke-16 sangat sulit meraih poin, melawan Bali United diakuinya menjadi lawan berat mereka. Alasan beberapa pemain yang bukan pada posisi sebenarnya, merupakan taktik yang menjadi ujicoba dari pelatih asal Belanda tersebut.

Untuk diketahui jika Ardan Aras bek murni dijadikan gelandang bertahan. Padahal masih ada Marc anthony Klok. Reinaldo Elias Da Costa dijadikan second striker, padahal posisi tersebut dihuni Ferdinan Sinaga atau bisa menjadi winger.

“Kita tidak memiliki dua pilar dibelakang, Paulle dan Hamka, itu yang membuat kami harus memutar balik bagaimana cara untuk melapis pertahanan,” kata Robert.

Ia berharap pertandingan selanjutnya bisa mendapatkan performa pemain yang baik sehingga kembali merebut posisi teratas, dimana PSM Makassar kembali melakoni laga tandang melawan Madura United pada 29 Juli 2017 mendatang.

Memang sangat sulit mendapatkan pemain yang bisa mengisi posisi bek kiri dari PSM Makassar. Reva dan Wasyiat memang kerap sulit menjaga posisi ini. Sehingga beberapa gol didapatkan lawan melalui jalur sebelah kiri pertahanan PSM. Namun pelatih belum bisa menjawab tantangan untuk mendatangkan bek kiri yang kokoh di putaran kedua mendatang.

Evaluasi Pemain PSM Makassar

Pernyataan Coach Robert jika masih mempertahankan Reinaldo Elias Da Costa menjadi buah bibir para suporter PSM Makassar, pasalnya pemain berkepala plontos tersebut kelihatan sulit mendapatkan kesempatan dalam menciptakan gol disetiap laga tandang. Bahkan gol demi gol Reinaldo hanya berbuah dari eksekusi penalti.

Pemain berdarah Brazil berpaspor Australia ini memang menjadi sorotan bagi pencinta PSM Makassar, setelah kabar akan direkrut Persib Bandung, pemain ini sangat sulit mendapatkan kesempatan gol. Bahkan pelatih menjadikannya second striker. Dan kerap dijadikan gelandang oleh Robert.

Fakta lain jika PSM Makassar harus berbenah di lini pertahanan bagian kiri. Ada beberapa pemain yang sempat mengisi posisi tersebut namun sulit mengawal dengan baik. Reva Adi Utama, Faturrahman dan juga Wasyiat Hasbullah serta Syafeii adalah para pemain bek kiri yang tidak bisa mengamankan dan tidak cukup tangguh disektor tersebut.

Untuk itu diyakini Robert jika posisi tersebut akan mendatangkan pemain baru yang bisa mengawal lini kiri pertahanan yang kerap bocor sehingga mudah diraih para pemain lawan.

“Kita memang evaluasi, posisi bek kiri memang sangat sulit untuk kita dapatkan. Putaran kedua kita melihat seperti apa yang kita dapatkan nanti,” ujar Robert.

Hasil buruk yang dilakoni PSM Makassar tiga laga terakhir seolah membuat PSM Makassar memerlukan rotasi pemain dan juga menghadirkan para pemain-pemain yang terbaik pada posisinya. Untuk diketahui jika usai laga tandang melawan Madura United. Manajemen PSM Makassar akan melakukan rapat internal bersama pelatih untuk kembali menentukan pemain atau skuat, bahkan dikabarkan akan mendatangkan pemain baru di Juku eja.

Dua laga sebelumnya PSM Makassar hanya mendapatkan dua poin dari hasil seri melawan dua klub. Dikandang Persiba Balikpapan dan juga melawan Barito Putra.

– Persiba Balikpapan vs PSM 2-2
– Barito Putra vs PSM 1-1
– Bali United vs PSM 3-0

Foto: Fritz W

[divider sc_id=”sc834887219426″]divider-3[/divider]

[team layout=”4″ staff=”1673″ sc_id=”sc651973430949″]

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.