Kades Sunggumanai Pelopori “D’Sibali” di Kabupaten Gowa

Sosialisasi Balakar di Desa Sunggumanai oleh Fritz W
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Kabar Makassar — Kepala Desa Sunggumanai, Abdul Rivai Rasyid mempelopori Desa Siaga Kebakaran Lingkungan atau disebut “D’Sibali” dengan membentuk Barisan Relawan Pemadam Kebakaran atau Balakar.

Desa Sunggumanai kecamatan Pattalassang, Gowa ini telah ditetapkan sebagai Desa Sigap dengan upaya optimalisasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran. Bentukan dan Inisiasi dari Kepala Desa Sunggumanai, Abdul Rivai Rasyid bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran kabupaten Gowa, tidak hanya itu peran masyarakat desa pun dilibatkan dalam bentukan “D’Sibali” ini.

Kades Sunggumanai, Abdul Rivai Rasyid juga berharap barisan relawan kebakaran di desa Sunggumanai bisa turun langsung memberikan bantuan pada desa lain di kabupaten Gowa yang terkena musibah kebakaran.

“Desa Sunggumanai sendiri tidak termasuk dalam area terlindungi Dinas Kebakaran kabupaten Gowa karena masalah jarak. Sehingga dengan adanya D’sibali ini diharapkan menjadi solusi karena para barisan relawan kebakaran inilah nantinya yang turun langsung pertama kali melakukan pemadaman sebelum Dinas Kebakaran kabupaten Gowa tiba di lokasi kebakaran,” kata Abdul Rivai Rasyid.

Sementara itu Kepala Seksi Pengendalian Operasional Kebakaran, Dinas Kebakaran kabupaten Gowa, Syamsul Bahri yang turut hadir dalam Sosialisasi Balakar ini mengatakan pemerintah memberikan dukungan sepenuhnya pada program ini dengan memberikan pendampingan dan pembinaan.

Dengan hadirnya Balakar ini, tugas Dinas Pemadam Kebakaran menjadi terbantu mengingat jangkauan kapasitas Dinas Pemadam Kebakaran yang masih terbatas baik dari segi unit mobil pemadam kebakaran maupun jarak lokasi,” ujar Syamsul Bahri.

Selain desa Sunggumanai, desa siaga kebakaran lingkungan D’Sibali juga dibentuk di Kecamatan Bontomarannu kabupaten Gowa.

“Balakar ini nantinya beranggotakan sebelas orang dan akan diberikan pembekalan dan pengetahuan penanggulangan kebakaran,” tambahnya.

Untuk pemantapan kerja Balakar D’sibali ini, Dinas Kebakaran kabupaten Gowa akan mengadakan simulasi sekaligus pembinaan pada anggota Balakar kecamatan Pattalassang dan kecamatan Bontomarannu pada Sabtu 29 Juli 2017 mendatang.

Foto: Sosialisasi Balakar di Desa Sunggumanai oleh Fritz W

[divider sc_id=”sc1253631190610″]divider-3[/divider]

[team layout=”4″ staff=”1673″ sc_id=”sc382239446189″]

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.