Juku Tasa, Makanan Khas Kajang yang Wajib Anda Coba

Masakan Khjas Bulukumba, Juku Tasa. (KabarMakassar/Alim)

KabarMakassar.com — Kajang adalah sebuah daerah yang berada di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulsel, yang terkenal dengan kawasan adat Ammatoa-nya.

Selain kawasan adat yang nilai dan budaya kearifan lokalnya benar-bena terjaga, ternyata Kajang juga mempunyai makanan khas yakni Juku Tasa.

Juku Tasa atau yang dalam bahasa Makassar dikenal dengan nama Pallu Ce’la ini merupakan masakan ikan khas dari Kajang.

Bahan dari masakan ikan ini sangat sederhana, yakni kunyit, garam, air, dan ikan. Semua jenis ikan yang ada di pasar sebetulnya bisa dijadikan bahan dasar membuat juku’btasa’. Namun hanya ada dua jenis ikan yang direkomendasikan, yakni cakalang dan layang.

Cara membuatnya sangat sederhana. Cukup mamasukkan ikan dengan cara disusun ke loyang aluminium, lalu ditaburi garam dan kunyit, diberi air secukupnya, kemudian dimasak hingga matang.

Minan (70) salah satu warga Jampang, Kecamatan Kajang berbagi resep cara membuat Juku’ Tasa’ ini. Ia menjelaskan sembari mempraktikkan cara pembuatannya.

“Di sini saya membuat ikan ini sejak kurang lebih 20 tahun lalu bersama suami. Sebetulnya semua orang bisa memasak ikan ini, tetapi banyak konsumen menilai jika masakan juku’ tasa’ dari sini memiliki ciri khas. Yang dari sini katanya jauh lebih enak,” ujarnya.

Untuk harga, menurut Minan hal itu tergantung pasaran harga ikan yang berlaku. Tapi biasanya, kata dia, dalam satu loyang dengan berisi 70 sampai 75 ekor dijual dengan harga Rp350 ribu hingga Rp400 ribu.

“Kalau pedagang eceran biasanya menjual Rp20 ribu per tiga ekornya,” terangnya.

Untuk Anda yang ingin menikmati masakan ikan khas dari Kajang ini, bisa mengunjungi pasar-pasar tradisional yang ada di Bulukumba atau langsung berkunjung ke pusatnya, di Kassi’, Kecamatan Kajang, Bulukumba.

Reporter :

Editor :

Muh. Nur Alim M

Firdaus

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI