News

Jual Tanah Negara, Bupati Takalar Ditetapkan Sebagai Tersangka

Jual Tanah Negara, Bupati Takalar Ditetapkan Sebagai Tersangka

Kabar Makassar --- Bupati Kabupaten Takalar, Burhanuddin Baharuddin ditetapkan sebagai tersangka Tindak Pidana Korupsi penjualan lahan pemukiman transmigrasi desa Laikang kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar. Kamis, 20 Juli 2017.

Penetapan tersangka ini merupakan pengembangan dari penanganan perkara yang dimaksud saat ini sudah dalam tahap persidangan.

Pada perkara tersebut tersangka dalam kapasitasnya sebagai bupati telah menyalahgunakan kewenangannya dengan mengeluarkan izin prinsip kepada PT. Karya Insan Cirebon untuk zona industri berat pertanggal 15 Oktober 2015 di lokasi desa Laikang dan desa Punaga yang merupakan lokasi percadangan transmigrasi.

"Hari ini telah dilakukan penetapan tersangka atas insial BB yang saat ini menjabat sebagai kepala daerah aktif dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi penjualan tanah negara atau lebih spesifik lahan pemukiman transmigrasi desa Laikang dan desa Punaga," terang Kepala Kejaksaan Tinggi Sulsel Asisten Tindak Pidana Kasus, Tugas Utoto.

Berdasarkan SK Gubernur Sulsel nomor.1431/V/Tahun 2007 yang menetapkan bahwa lokasi di desa Laikang dan Punaga dengan luas 3.806,25 ha sebagai percadangan tanah untuk lokasi pemukiman transmigrasi di kabupaten Takalar

Kemudian atas dasar ijin prinsip tersebut Kepala Desa Laikang (Sila Laida) dan Sekdes Laikang ( Risno Suswanto) kecamatan Mangarabombang kabupaten Takalar serta Camat Mangarabombang (Muh. Noor Uthary) melakukan penjualan tanah kepada PT. Karya Insan Cirebon dengan cara merekayasa.

Lahan tersebut dibuat seolah olah tanah milik masyarakat dengan alas hak tanah garapan atau AJB, dengan realisasi penjualan seluas 150 ha dengan nilai penjualan Rp. 18. 507.995.000.

Foto: Wulandari

Arini Wulandari

Journalist

Aktifis mahasiswi ini mulai aktif menulis sejak 2014 lalu. Kemampuan komunikasi personalnya di ekspresikan dalam bentuk karya jurnalistik.

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close
%d bloggers like this: