JK Buka Kongres Pertama AMSI di Jakarta

JK Buka Kongres Pertama AMSI di Jakarta

Kabar Makassar — Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membuka Kongres pertama Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), di The Akmani Hotel, Jl KH Wahid Hasyim Nomor 91, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa 22 Agustus 2017.

Kongres AMSI yang pertama ini mengangkat tema ‘Menuju Media Siber Profesional, Kredibel, dan Independen’.

Dalam sambutannya dihadapan para pemimpin redaksi media online se-Indonesia, JK mengatakan kehadiran media online adalah sebuah keniscayaan.

Baca juga :   Femina Group Dituntut Tuntaskan Tagihan Upah Jurnalis

“Jadi dengan teknologi dunia berjalan cepat, dunia juga tidak tersentralisis lagi. Pertama dulu radio, sekarang ndak butuh lagi radio untuk revolusi, sekarang duduk-duduk di rumah, merubah dunia kecepatan dan tanpa sentralisis,” kata JK yang tiba di lokasi kongres sekitar pukul 10.00 wib.

AMSI sendiri adalah organisasi yang dideklarasikan oleh pemimpin redaksi atau perwakilan perusahaan media siber di Jakarta pada 18 April 2017 lalu. Organisasi ini dibentuk karena keprihatinan media siber terhadap berita hoax atau palsu.

Baca juga :   Kemensetneg Fasilitasi Beasiswa Kerjasama Teknik Luar Negeri di KTI

Ada 26 perusahaan media siber yang menginisiasi AMSI dari berbagai kota di Indonesia. Salah satunya www.kabarmakassar.com. Kini, AMSI sudah memiliki badan hukum resmi dan memiliki anggota sekitar 189 anggota.

Ketua Presidium AMSI, Wenseslaus Manggut, dalam sambutannya mengatakan jika kongres AMSI ini akan menjadi momemtum dan sejarah penting buat kemajuan media online dan jurnalisme Indonesia di masa depan.

Baca juga :   Wapres JK Juga Bisa Romantis Ini Buktinya

Kongres AMSI ini sendiri hanya digelar selama sehari untuk memilih ketua dan pengurus serta menetapkan program-program kerja nasional selama tiga tahun ke depan.

Laporan : Upi asmaradhana dari Jakarta