News

Jelang Lebaran, Kepolisian Awasi Oknum Penimbun Pangan

Jelang Lebaran, Kepolisian Awasi Oknum Penimbun Pangan

Kabar Makassar --- Polda Sulsel bekerjasama Bank Indonesia dan Dinas Perdagangan melakukan pemantauan harga pangan di pasar Pabaeng-baeng Makassar, Kamis, 22 Juni 2017.

Karo Ops Polda Sulsel Kombes Pol Steven Napium dalam pemantauan itu mengaku telah memiliki data-data komoditi pangan yang berpotensi kartel. Kartel ialah sebuah upaya kelompok atau oknum produsen tertentu dalam menetapkan harga guna membatasi suplai dan persaingan usaha tidak sehat.

"Kami sudah mengantongi data-data. Memang ada kejanggalan dengan harga ayam. Berdasarkan kesepakatan BI, Polri dan perdagangan, kami akan telusuri akar masalahnya," ucap Kombes Steven saat melakukan inspeksi di pasar Pabaeng-baeng Makassar.

Meskipun, lanjutnya harga pangan seperti lombok, tomat dan bawang mengalami kenaikan tetapi itu masih relatif normal karena adanya pengaruh cuaca.

"Kami menghimbau supaya pedagang menjual sesuai dengan aturan pemerintah. Jangan ada oknum kartel-kartel yang melakukan penimbunan. Jelas akan kita tindak tegas," ujarnya.

Hal sama juga ditegaskan Kepala Divisi Advisory Keuangan dan Ekonomi BI Sulsel Musni. Menurutnya, harga sejumlah komoditi pangan relatif masih stabil.

"Harga-harga komoditas pangan masih relatif stabil. Jika dibandingkan harga pangan jelang lebaran tahun lalu," ujarnya.

Meskipun diakui harga komoditas seperti ayam yang mengalami kenaikan, dia menilai itu masih akan dikaji oleh tim pengendali harga pangan jelang lebaran.

Untuk itu, katanya, salah satu hal penting dilakukan dengan tindakan pencegahan dan penindakan hukum atas pelaku penimbunan, pungutan liar, atau peningkatan harga sepihak baik dari sisi distributor maupun pedagang.

Sementara itu, tim satgas harga pangan ini dibentuk untuk melakukan pengendalian inflasi daerah. Bank Indonesia bekerja sama dengan Polri berupaya melakukan pencegahan penimbunan pangan menjelang Lebaran 2017 di seluruh Indonesia termasuk di Sulawesi Selatan.

Ket. Foto: Karo OPS Polda Sulsel Kombes Pol Stephen Napiun (kiri) bersama Kepala Divisi Advisory Keuangan BI Musni Hardi (ketiga kiri) melakukan pengecekan berbagai komoditi pangan menjelang lebaran di Pasar pabaeng-paeng, Makassar, Kamis, (22/6/2017). Foto: Imran.

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close