Jelang Imlek 2020, Begini Suasana di Jalan Sulawesi

Salah satu toko di Jalan Sulawesi, Kota Makassar. Dok. Qiswanty.

Kabarmamassar.com — Gong Xi Fa Chai kata tersebut yang pas di ucapkan bagi masyarakat Tiongkok yang akan merayakan tahun baru Imlek pada (25/1).

Persiapan menjelang imlek 2020 kini mulai di siapkan, dengan beragam persiapan diantaranya memasang spanduk ucapan Gong Xi Fa Chai disepanjang Jalan Sulawesi.

Bahkan dari pantauan Kabarmakassar.com terlihat sudah banyak tenant yang mengisi bahu Jalan Sulawesi dan sepanjang jalan juga mulai tampak padat dengan kendaraan baik beroda 3 maupun 4.

Selain itu sejumlah aparat kepolisian juga telah hadir di beberapa kelenteng yang ada di Jalan Sulawesi salah satunya kelentang tertua di Kota Makassar yaitu kelenteng Xian Ma.

Tak hanya itu, sepanjang Jalan Sulawesi juga sudah mulai dihiasi balon Imlek yang diidentik dengan warna merah dan patung kucing atau yang biasa disebut dengan Manaki Neko yang menurut kepercayaan orang Tiongkok bahwa dengan memasang patung kucing di berbagai sudut rumah, toko, maupun tempat ibadah bisa membawa keberuntungan.

Sementara lilin dupa juga sudah mulai tertata rapi di kelenteng kelenteng yang ada di Jalan Sulawesi yang tentunya memiliki makna dan filosofi tersendiri.

Lidya salah satu warga China pemilik salah satu toko yang ada di Jalan Sulawesi mengatakan ia menyambut datangnya hari Imlek tahun dengan cara mendekorasi tokonya seindah mungkin dengan warna merah yang memang menjadi simbol dalam perayaan hari Imlek.

“Saya sudah dekorasi toko sejak beberapa hari lalu dan semuanya sudah di tata rapi mulai dari warna, spanduk perayaan Imlek, saya juga sudah siapkan lilin sama angpao untuk keluarga sama karyawan” ucapnya saat di wawancarai (24/1).

Sekedar diketahui perayaan Imlek yang jatuh pada 25 januari 2020 besok menjadi hari yang ditunggu tunggu oleh masyarakat Tiongkok.

Tak hanya masyarakat Tiongkok, warga pribumi pun juga menunggu perayaan imlek karena selain masyarakat Tiongkok menggelar ibadah di kelenteng juga ada atraksi yang banyak ditunggu tunggu oleh warga Makassar khususnya yaitu Barongsai.

Barongsai menjadi hal yang identik pada perayaan Imlek dan menjadi tradisi serta tarian tradisional yang tentu memiliki makna. Tak hanya Barongsai yang mejadi tradisi pada perayaan Imlek namun ada juga angpao atau amplop merah yang berisikan uang.

Hal ini tentu mengandung makna yang dimana membungkus uang keberuntungan di dalam amplop merah diharapkan bikin agar penerima dilimpahkan kegembiraan dan karunia. Oleh karena itu tidaklah sopan untuk langsung membuka angpao di depan orang yang memberikan.

Reporter :

Editor :

Qiswanty

Prisatno Panji L

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI