News

Jalur Mandiri UNHAS Dibuka 3 Juli 2017

Jalur Mandiri UNHAS Dibuka 3 Juli 2017

Kabar Makassar----- Menyusul pengumuman SBMPTN 2017, Universitas Hasanuddin akan segera membuka penerimaan ketiga, yaitu melalui jalur mandiri. Ini merupakan satu-satunya jalur yang tersisa untuk seleksi masuk Unhas.

Jumlah mahasiswa yang akan diterima melalui jalur mandiri Unhas adalah sebanyak 1.557 orang, atau 30 persen dari kuota penerimaan tahun 2017. Namun demikian, angka ini mungkin mengalami perubahan (meskipun tidak signifikan), karena berkaitan dengan jumlah calon mahasiswa yang mendaftar kembali (registrasi ulang) pada jalur SBMPTN.

Sebagai gambaran, setiap tahunnya, rata-rata terdapat sekitar 9 persen - 11 persen calon mahasiswa yang tidak mendaftar ulang.

Jalur mandiri Unhas terbagi atas: Jalur Non Subsidi (JNS), Penelusuran Prestasi Olah Raga, Seni dan Keilmuan (POSK), dan Kelas Internasional.

Pendaftaran jalur mandiri Unhas JNS dan POSK akan dibuka pada tanggal 3 Juli 2017 hingga tanggal 8 Juli 2017.

Pada tahun 2017, Unhas membuka kelas internasional pada program studi Manajemen,  Akuntansi,  Ilmu Ekonomi (ketiganya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis),  Kesehatan Masyarakat (Fakultas Kesehatan Masyarakat),  dan Teknik Sipil (Fakultas Teknik). Penerimaan Kelas Internasional akan diumumkan terpisah.

Jalur Non Subsidi

Persyaratan bagi peminat yang akan mendaftar melalui JNS adalah:
1. Terdaftar sebagai peserta ujian SBMPTN 2017.
2. Bagi yang telah lulus SBMPTN 2016 tidak diperkenankan mendaftar.
3. Terdaftar sebagai peminat di salah satu program studi Univeristas Hasanuddin melalui jalur SBMPTN 2016 (lihat kartu peserta SBMPTN 2016).
4. Bagi pelamar jalur Penelusuran Prestasi Olah Raga, Seni, dan Keilmuan (POSK) 2016 tidak diperkenankan mendaftar.
5. Mempunyai kesehatan fisik yang tidak mengganggu kelancaran belajar di prodi pilihannya.

Peserta JNS hanya dapat memilih 2 (dua) program studi yang sama atau berbeda dengan program studi pilihannya pada saat SBMPTN 2017, akan tetapi harus berada pada kelompok ujian yang sama. Artinya, jika saat SBMPTN peserta berada pada kelompok Saintek, maka program studi pilihan melalui JNS juga harus berada pada kelompok Saintek.

Jalur POSK

Sementara bagi yang berminat untuk melalui jalur POSK, persyaratan yang harus dipenuhi adalah:

1. Terdaftar sebagai peserta ujian SBMPTN 2016.
2. Lulusan SMA/SMK/MA.MAK dengan tahun kelulusan 2015 dan 2016.
3. Terdaftar sebagai peminat di salah satu program studi Univeristas Hasanuddin melalui jalur SBMPTN 2016 (lihat kartu peserta SBMPTN 2016).
4. Bagi yang telah lulus SBMPTN 2016 tidak diperkenankan mendaftar.
5. Bagi yang mendaftar jalur JNS (Jalur Non-Subsidi) 2016 tidak diperkenankan mendaftar.
6. Memiliki prestasi keterampilan olahraga/seni/keilmuan yang ditandai dengan sertifikat/piagam/medali/piala di tingkat nasional.
7. Bersedia mengikuti proses verifikasi bukti prestasi.
8. Mempunyai kesehatan fisik yang tidak mengganggu kelancaran belajar di prodi pilihannya.

Untuk jalur POSK, peserta hanya dapat memilih 1 (satu) program studi saja, dan harus berada dalam kelompok ujian yang sama dengan program studi yang dipilih saat SBMPTN. Jadi, jika pada saat SBMPTN, peserta memilih kelompok ujian Saintek, maka ia hanya dapat memilih prodi kelompok Saintek pada POSK.

Harap diperhatikan bahwa peserta yang berada pada kelompok ujian Saintek saat SBMPTN tidak diperkenankan untuk memilih program studi berikut ini jika mendaftar melalui Jalur POSK, yaitu: Pendidikan Dokter, Keperawatan, Kedokteran Hewan, Fisiotrapi, Psikologi, Pendidikan Dokter Gigi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Gizi, Teknik Pertambangan, dan Teknik Geologi.

Sementara jika berada pada kelompok Soshum, tidak diperkenankan untuk memilih program studi Arkeologi dan Ilmu Sejarah.

Cara Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan secara online dan akan dibuka pada masa registrasi, yaitu tanggal 3 Juli – 8 Juli 2017. Calon peserta diharapkan untuk mengikuti perkembangan informasi melalui website http://unhas.ac.id/pmb/ (menu Jalur Mandiri 2017).

Biaya

Untuk pendaftaran Jalur Mandiri tidak dikenakan biaya. Harap diperhatikan bahwa tidak ada biaya-biaya tambahan apapun dalam proses penerimaan melalui Jalur Mandiri Unhas.

Sumber: Ishaq Rahman (Kepala Unit Humas dan Protokoler, Unhas)

 

Redaksi

Related Articles

Leave a Reply

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close