IYL-CAKKA Penuhi syarat Verifikasi Administrasi dan Faktual

IYL-CAKKA. Foto: Kabar Makassar

KabarMakassar — Berkas dukungan perseorangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar dipastikan memenuhi syarat untuk masuk ke verifikasi administrasi dan faktual.

Hal itu diketahui setelah hasil rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang digelar secara tertutup di Hotel Grand Asia Jalan Boulevard, Makassar,29 November 2017.

Hasil rapat yang berlangsung sejak malam tadi hingga Pukul 00.20 WITA, itu memutuskan jumlah dukungan independen IYL-Cakka yang diproses jauh melebihi syarat minimal yang ditetapkan KPU.

Pasalnya, syarat minimal sekira 480 ribu dukungan KTP sementara berkas yang dikumpulkan IYL-Cakka yang layak diproses jauh melebihi angka tersebut. Hingga penelitian berkas yang dilakukan selama empat hari, tercatat ada kurang lebih 700 ribu KTP yang diinput.

Baca juga :   Panglima TNI: Hadapi Pilkada Serentak 2018, Prajurit Harus Netral

Selain itu, dari total dukungan yang dijadikan dasar komisioner memproses berkas duet ini, penyebarannya juga sesuai, yakni minimal penyebaran terdapat di 13 kabupaten/kota di Sulsel.

Usai Rapat Pleno itu dilakukan, Ketua KPU Sulsel Iqbal Latief menuturkan, pihaknya sudah menetapkan berkas IYL-Cakka untuk diterima dan layak untuk di verifikasi sesuai tahapan perseorangan yang diterapkan di Pilkada serentak 2018.

“Bakal calon gubernur dan wakil gubernur (IYL-Cakka) dinyatakan memenuhi syarat untuk verifikasi administrasi,” kata Iqbal Latief.

Hasil penelitian berkas dukungan pasangan bakal cagub-wagub perseorangan, lYL-Cakka disimpulkan jauh melampaui minimal syarat pengusungan paslon perseorangan Pilgub Sulsel.

Baca juga :   SYL Intruksikan Stop "Bully" Di Sekolah

KPU mencantumkan total dukungan IYL Cakka yang terverifikasi mencapai 686 ribu. Atau melebihi 196 ribu (41 persen) dari syarat minimal dukungan perseorangan Pilgub Sulsel yang dipatok 480 ribu.

Sekadar diketahui, IYL-Cakka menyerahkan bukti fisik 1 juta ke KPU. Hanya saja yang diproses sekira 700 ribu sesuai soft copy yang diserahkan.

Pihak IYL-Cakka sebenarnya masih meminta waktu ke penyelenggara agar melengkapi soft copy sesuai bukti fisik yang diangkut ke KPU. Namun, setelah melampaui syarat minimal, penyelenggara memilih tidak lagi memproses kekurangan berkas tersebut.

Baca juga :   Walikota Danny Pimpin Upacara Peringati HUT Korpri ke-46

Meski hanya sekira 686 yang terverifikai oleh KPU, namun IYL-Cakka masih punya kesempatan menambah berkas dukungannya. Dengan catatan, jika diverifikasi tahap pertama ditemukan ada yang kurang.

Sebab selain 200 ribu yang belum dilengkapi soft copy, pasangan ini juga masih punya cadangan dukungan 500 ribu KTP yang belum di setor ke penyelenggara. (*/Mfn)

Penulis : Suharlim Syamsuddin