Iqbal dan Presiden ADB Tinjau Lokasi Pembangunan Kawasan Kumuh

Penjabat (Pj) WaliKota Makassar, Iqbal Suhaeb bersama dengan Presiden ADB, Masatsugu Asakawa mengunjungi langsung lokasi NUSP di di Jalan Swadaya Mas, RT 05 RW 03, Senin (2/3).

Kabarmakassar.com — Pemkot Makassar bekerjasama dengan Asian Development Bank (ADB) berkomitmen untuk membenahi kawasan kumuh di Kota Makassar. Ini dilakukan dalam upaya untuk menjadikan kota ini layak huni.

Dalam kerjasama yang diberi nama program Neighborhood Upgrading and Sector Project Phase (NUSP) itu, ADB akan membantu Pemkot Makassar dalam menuntaskan kemiskinan.

Program digulirkan sejak 2015 ini, kembali dilanjutkan tahun 2019 lalu dengan menunjuk Kelurahan Batua sebagai titik percontohan untuk kelurahan lain yang juga mendapatkan bantuan.

Untuk itu, Penjabat (Pj) WaliKota Makassar, Iqbal Suhaeb bersama dengan Presiden ADB, Masatsugu Asakawa mengunjungi langsung lokasi NUSP di di Jalan Swadaya Mas, RT 05 RW 03, Senin (2/3).

Terkait hal itu, Iqbal Suhaeb berharap bantuan dari ADB dapat membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan. Apalagi, kata dia, Makassar memiliki 523 hektar kawasan kumuh.

“Alhamdulillah berkat bantuan ADB saat ini sudah ada beberapa kelurahan yang mendapatkan bantuan. Ya semoga masyarakat dapat membantu dengan menjaga yang sudah diperbaiki agar kesan kumuhnya bisa dihilangkan,” kata Iqbal.

Ia menambahkan saat ini laju perbaikan kawasan kumuh hingga tahun 2019 sudah terealisasi sebesar 60% dari luas kawasan 740,10 HA pada tahun 2014. Karena itu, kata dia, program ini sangat membantu warga dan pemerintah.

“Dukungan pembiayaan ADB melalui kementrian PUPR menjadi stimulan yang akan diaplikasikan juga oleh Pemkot melalui berbagai dana pembiayaan, salah satunya melalui APBD,” ujarnya.

Sementara itu, Mr Masatsugu Asakawa mengaku bahagia atas sambutan yang diberikan masyarakat. Ia berharap program ini bisa berkelanjutan agar masyarakat dapat hidup layak dan belajar bersih.

“Terimakasih atas sambutannya yang luar biasa. Saya bahagia berada di sini. Semoga masyarakat di sini bisa hidup bersih dan menjaga lingkungan agar tidak kumuh lagi,” tuturnya.

Penasehat Perdana Menteri dan Menteri Keuangan Jepang ini juga mengunjungi Jalan Inspeksi Kanal RT 01 RW 01 masih untuk meninjau lokasi RISE.

Pada tempat peninjauan kedua ini, Pj Wali Kota Makassar dan Presiden ADB mengecek langsung perbaikan yang sudah dilakukan seperti sanitasi, drainase, jalan lingkungan serta rumah warga.

Diketahui, dari total 11 unit rumah yang ditargetkan akan diperbaiki, sudah ada 8 unit yang telah di perbaiki oleh ADB dan secara resmi dilounching Pj Wali Kota Makassar bersama Presiden ADB.

Reporter :

Editor :

Qyswanty

Sofyan Basri

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI